PMI menggelar Munas XXI 2019

PMI menggelar Munas XXI 2019

Logo Palang Merah Indonesia (PMI). (PMI/Dok/PMI)

DKI Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) XXI Tahun 2019 di salah satu hotel di wilayah DKI Jakarta pada 16-18 Desember untuk memilih calon ketua umum periode 2019-2024.

"Munas XXI mengangkat tema 'Kerja Bersama untuk Kemanusiaan' yang berarti PMI bekerja sama dengan pemerintah, pihak swasta dan masyarakat untuk melakukan tugas-tugas kemanusiaan," kata Ketua Penyelenggara Munas XXI PMI Sasongko Tedjo melalui sambungan telepon di Jakarta, Minggu.

Tema ini, kata dia, mengedepankan PMI bekerja sama dengan seluruh pihak sesuai mandat utama lembaga kemanusiaan itu, yaitu auxilary to the government atau membantu pemerintah dalam kerja kemanusiaan.

Munas merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi organisasi PMI yang dilaksanakan setiap lima tahun. Informasinya acara ini akan diikuti oleh sekitar 800 peserta yang berasal dari unsur pengurus PMI di tingkat provinsi, kabupaten dan kota.

Baca juga: PMI raih penghargaan BNPB atas kontribusi pendistribusian logistik

Selain itu turut dihadiri perwakilan dari Federasi Internasional Palang Merah (IFRC) dan Bulan Sabit Merah serta Komite Internasional Palang Merah (ICRC) untuk mengikuti munas.

"Pada munas ada beberapa agenda. Selain menentukan kepengurusan PMI 2019-2024 juga akan membahas kebijakan, program kerja, kegiatan dan lain sebagainya," ujarnya.

Baca juga: PMI mengajak relawannya untuk siap siaga dan respon bencana

Sasongko mengatakan Munas PMI ini rutin digelar setiap lima tahun sekali untuk menentukan pimpinan atau Ketua Umum PMI tingkat pusat kemudian membentuk jajaran kepengurusan.
Baca juga: BNP2TKI dorong sinergi pusat dan daerah untuk perlindungan PMI

Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 1970