Semarang (ANTARA) - Gubernur Ganjar Pranowo mendorong agar semua badan publik di Provinsi Jawa Tengah dapat lebih bersikap informatif sebagai wujud dari keterbukaan informasi publik yang merupakan bagian dari pemerintahan yang baik.

"Informasi publik juga menjadi sarana edukasi dan bukti transparansi pemerintah kepada masyarakat," katanya di Semarang, Jumat.

Terkait dengan masih adanya badan publik di Jateng yang belum informatif, Ganjar meminta agar segera melakukan perbaikan yang diperlukan sehingga bisa lebih informatif.

Baca juga: Ganjar segera inventarisasi perda percepat penyederhanaan aturan

"Caranya tidak sulit, contoh saja yang sudah informatif, yang tidak mau pasti akan saya tegur biar mereka belajar," ujarnya.

Menurut Ganjar, keterbukaan informasi publik merupakan bagian dari good government yang secara sederhana dapat diartikan dengan memberikan sesuatu yang terbuka, memberikan edukasi dan transparansi kepada masyarakat.

Maka dalam pemberian informasi harus melalui media dan konten yang mudah diterima dan dipahami oleh masyarakat.

Gubernur Ganjar mengapresiasi badan publik yang mendapat penghargaan paling informatif dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah.

Untuk badan publik yang mendapat penilaian menuju informatif, Ganjar berharap agar dapat ditingkatkan menjadi informatif.

Baca juga: Jawa Tengah jadi provinsi pendorong KUR terbaik
 

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019