BKD: Seleksi terbuka jabatan kosong Pemprov DKI masih berlangsung

BKD: Seleksi terbuka jabatan kosong Pemprov DKI masih berlangsung

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (DKI) Jakarta, Chaidir. ANTARA/Laily Rahmawati/aa.

Jakarta (ANTARA) - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menyatakan seleksi terbuka untuk jabatan-jabatan kosong di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masih berlangsung hingga sekarang.

"Oh lagi proses, masih pengusulan dari hasil Panitia Seleksi (Pansel) ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)," kata Kepala BKD DKI Jakarta Chaidir saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Jika mengikuti jadwal, seharusnya, seleksi tersebut bisa selesai pada 20 Desember 2019, namun karena terpotong waktu libur, proses tersebut masih terjadi di KASN.

"Ya lagi berproses, kan kepotong-potong libur nih, di KASN masih. Kami sudah berkontak dengan KASN. Nanti akan turun tiga besar calon-calon kandidatnya, sabar ya," kata Chaidir.

Kendati Chaidir belum bisa memastikan kapan akan terisi posisi pejabat-pejabat yang kosong meski diharapkan akhir tahun selesai, tiga nama hasil dari seleksi akan dilaporkan pada Gubernur DKI Jakarta untuk memilihnya.

Baca juga: DKI lelang 12 jabatan tinggi madya dan pratama

Baca juga: Pemprov DKI akan lelang jabatan untuk Bappeda dan Disparbud

Baca juga: DKI akan umumkan promosi lelang jabatan terbuka Senin


"Nah nanti dari tiga nama, itu hak prerogatifnya gubernur, di antara tiga itu siapa yang mau dipilih dan bisa juga gubernur tidak memilih tiga-tiganya, itu hak beliau," katanya.

Kalau nantinya Anies tidak memilih, lanjut Chaidir, jabatan tersebut akan kosong dan nantinya akan kembali ditunjuk pelaksana tugas (plt).

"Lalu akan lelang ulang lagi tahun depan. Tapi plt tersebut juga terbuka kemungkinan menjadi pemimpin dinas yang baru," ucap Chaidir.

Diketahui, DKI Jakarta melelang 12 jabatan yakni Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda); Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat); dan Kepala Dinas Kebudayaan.

Lalu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; Kepala Dinas Pendidikan; Wakil Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD); Wakil Kepala Bappeda; Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup; Wakil Kepala Dinas Perhubungan; dan Kepala Biro Umum.

Serta, dua deputi yaitu Deputi bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup; serta Deputi bidang Industri, Perdagangan dan Transportasi.

Dari 12 jabatan yang dilelang itu, terdapat empat jabatan yang dibuka bagi ASN seluruh Indonesia, yakni dua jabatan eselon I.b dan dua jabatan eselon II yaitu:
1. Deputi Gubernur bidang industri, perdagangan, dan transportasi (eselon I.b)
2. Deputi Gubernur bidang tata ruang dan lingkungan hidup (eselon I.b)
3. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (eselon II)
4. Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (eselon II).
Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019