Dan sebelumnya saya ingin kembali lagi menyampaikan, mengingatkan kepada seluruh kementerian/lembaga agar belanja di bulan-bulan awal ini dipercepat
Jakarta (ANTARA) - Sidang Kabinet Paripurna yang digelar perdana tahun 2020 membahas soal anggaran termasuk upaya percepatan penyerapan anggaran di kementerian/lembaga agar bisa segera digenjot sejak awal tahun.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika membuka Sidang Kabinet Paripurna dengan topik Penetapan RPJMN 2020-2024 di Istana Negara Jakarta, Senin, mengatakan pertemuan tersebut merupakan sidang kabinet paripurna yang pertama di tahun 2020.

“Saya ingin ucapkan selamat tahun baru 2020 pada bapak ibu sekalian,” kata Presiden Jokowi menyapa jajarannya.

Pada kesempatan tersebut hampir seluruh menteri dan kepala lembaga hadir untuk mengikuti sidang.

Presiden mengatakan rapat tersebut secara khusus akan fokus membahas penetapan RPJMN nasional 2020-2024 oleh Kepala Bappenas.

“Dan sebelumnya saya ingin kembali lagi menyampaikan, mengingatkan kepada seluruh kementerian/lembaga agar belanja di bulan-bulan awal ini dipercepat,” katanya.

Hal itu, kata Presiden, terutama yang berkaitan dengan anggaran-anggaran modal atau belanja modal. “Sekali lagi agar belanjanya dipercepat, ini berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi,” kata Jokowi.

Presiden juga mengingatkan kepada para pejabat di semua level eselon agar menyelesaikan seluruh tugasnya dengan segera.

“Diingatkan ke semua eselon I, II, III, IV agar hal-hal yang berkaitan mungkin dengan petunjuk teknis dan lain-lain agar segera diselesaikan,” katanya.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020