Luwuk, Banggai (ANTARA) - Belasan pengunjung warung kopi Cafe Coffee Jie di Luwuk Shopping Mall, kota Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah serentak melompat dari tempat duduknya saat gempa bumi berkekuatan 6.6 pada Skala Richter menggoncang wilayah itu.

Bangunan yang berada di kawasan itu bergetar hampir satu menit pada Senin dini hari sekira pukul 01.58 Wita.

Rilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa dengan magnitudo 6,6 berlokasi 0.20 LS, 123.89 BT atau 64 kilometer Barat Daya Bolaanguki, Kabupaten Bolaang Selatan, Sulawesi Utara.

Titik gempa berada di kedalamam 95 kilometer dalam laut. Meski berkekuatan 6,6 SR, gempa dinyatakan tidak berpotensi tsunami.

Meski berjarak 145,37 kilometer dari pusat gempa,  goncangan keras terasa di kota Luwuk, Kabupaten Banggai sehingga menyebabkan warga  berhamburan keluar rumah.

Beberapa warga mengaku terkejut  dan langsung berlarian menuju badan jalan saat mereka merasakan getaran gempa yang cukup keras itu.

​​​​​​"Kami bangunkan semua keluarga dan keluar untuk menghindari bangunan," kata Ritna, salah satu warga yang sempat ditemui berada di luar rumah, Senin dini hari.

Ia mengaku masih trauma terhadap gempa. Oleh karena itu, setiap kali terjadi goncangan maka kakinya selalu gemetar.
"Gemetaran saya. Takut kenapa-kenapa. Semoga saja tidak terjadi apa-apa," harapnya.
​​Baca juga: Gempa magnitudo 6,6 SR terasa hingga Gorontalo Utara
Baca juga: Gempa M 6,6 terjadi di Bolaang Uki Sulut, tidak berpotensi tsunami


Pewarta: Stepensopyan Pontoh
Editor: Suharto
Copyright © ANTARA 2020