DPRD Jabar belajar ilmu manajemen kesehatan dari Kedubes Inggris

DPRD Jabar belajar ilmu manajemen kesehatan dari Kedubes Inggris

DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) menerima kunjungan kerja Deputy Head of Economics and Property Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia Sam Hayes di Gedung DPRD Jabar Jalan Diponegoro Kota Bandung, Rabu (5/2/2020). (Dok Humas DPRD Jabar)

Bandung (ANTARA) - DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) menerima kunjungan kerja Deputy Head of Economics and Property Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia Sam Hayes di Gedung DPRD Jabar Jalan Diponegoro Kota Bandung, Rabu.

Dalam kesempatan itu DPRD Jawa Barat yang diwakili Komisi IV membahas sejumlah rencana kerja sama antara Jawa Barat dan Inggris dalam sektor kesehatan dan lingkungan, termasuk belajar tentang manajemen sumber daya kesehatan dan pengelolaan sampah.

"Kami memiliki banyak rumah sakit daerah di Jawa Barat sehingga bagaimana kita dapat mengelola rumah sakit tersebut secara optimal," kata Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanady usai menerima kunjungan kerja tersebut.

"Jadi bukan manajemen medis tetapi manajemen sumber daya manusianya bagaimana mengelola sumber daya manusia sehingga bisa memberikan pelayanan kesehatan yang prima," lanjut Daddy.

Dia menuturkan sistem manajemen untuk sumber daya kesehatan yang profesional, khususnya di rumah sakit sangat dibutuhkan oleh Rumah Sakit Daerah di Jawa Barat.

Terlebih, kata dia, saat ini Inggris telah memiliki banyak kisah sukses dalam penanganan sumber daya manusia kesehatan dan permasalahan sampah, salah satunya Inggris telah mampu memanfaatkan sampah menjadi sumber energi.

"lnggris memiliki succes story untuk hal hal tersebut seperti bagaimana penggunaan solar energy yang mereka tempatkan di atas danau dan ini memungkinkan untuk di terapkan di Jabar," katanya.

Rencananya Kedubes Inggris juga akan melakukan kunjungan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan hal ini merupakan langkah awal untuk menjajaki kerja sama di berbagai bidang.

"Tetapi hal ini mungkin belum bisa ditafsirkan bahwa rencana kerja sama ini akan dilangsungkan dalam waktu dekat. Paling tidak ini merupakan sebuah langkah awal," ujar Daddy.

Baca juga: DPRD minta Pemprov Jabar buat rencana aksi daerah terkait IPP

Baca juga: DPRD Jabar dorong pemekaran desa untuk percepat pembangunan

Baca juga: Curug Jompong bukan satu-satunya solusi banjir Kabupaten Bandung

Baca juga: Ketua DPRD Jabar tekankan pentingnya e-planning dan e-budgeting


 
Pewarta : Ajat Sudrajat
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2020