Penajam (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mengalokasikan anggaran lebih kurang Rp14,9 miliar pada APBD 2020 untuk pengadaan seragam dan tas sekolah yang akan dibagikan secara cuma-cuma kepada peserta didik baru, tahun ajaran 2020-2021.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga atau Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara, Daman saat dihubungi di Penajam, Minggu mengatakan pemberian seragam dan tas sekolah secara gratis kepada peserta didik baru, mulai dilakukan sejak 2019.

"Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara terus melanjutkan program seragam dan tas sekolah gratis bagi peserta didik baru yang dimulai sejak tahun ajaran 2019/2020," ujarnya.

Seragam dan tas sekolah yang dibagikan secara cuma-cuma oleh Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara pada tahun ajaran 2019-2020 hanya untuk peserta didik baru di sekolah negeri mulai jenjang pendidikan taman kanak-kanak hingga menengah pertama.

Baca juga: Anak-anak terdampak banjir di Lebak terima bantuan seragam sekolah
Baca juga: Siswa korban banjir Tangerang terima bantuan seragam sekolah


Namun untuk tahun ajaran 2020-2021 menurut Daman, seragam dan tas sekolah akan diberikan secara gratis kepada peserta didik baru mulai jenjang pendidikan taman kanak-kanak hingga menengah atas negeri maupun swasta.

"Anggaran pengadaan seragam dan tas sekolah pada 2019 tidak termasuk untuk peserta didik baru di SMA/SMK dan sekolah swasta, tapi pada 2020 dipastikan akan diakomodir," ungkap Daman.

"SMA/SMK sederajat bukan lagi kewenangan pemerintah kabupaten, tetapi pada tahun ajaran 2020/2021 peserta didik baru SMA/SMK juga akan dapat seragam sekolah dan tas gratis," ucapnya.

Pada tahun ajaran 2019-2020, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara membagikan seragam dan tas sekolah secara cuma cuma kepada 6.595 peserta didik baru, dengan anggaran pengadaan lebih kurang Rp2,9 miliar.

Baca juga: Sekolah izinkan siswa korban banjir tak pakai seragam
Baca juga: 6.682 siswa SD dan SMP di Tanjungpinang dapat seragam sekolah gratis


Peserta didik baru di sekolah negeri mulai jenjang pendidikan taman kanak-kanak hingga menengah pertama tersebut masing-masing mendapatkan dua pasang seragam sekolah.

"Tahun ini (2020) anggaran pengadaan seragam dan tas sekolah yang disiapkan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara sekitar Rp14,9 miliar," kata Daman.

Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara jelasnya, mengajukan proses lelang pengadaan seragam dan tas sekolah tersebut lebih cepat, sehingga dapat dibagikan kepada peserta didik baru tepat waktu.

Baca juga: Menghilangkan praktik bisnis pakaian seragam di sekolah
Baca juga: Pemkab Kotim Kalteng sediakan ribuan seragam sekolah gratis

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020