Sertifikat standar mutu ASEAN University Network diraih 4 prodi UNP

Sertifikat  standar mutu ASEAN University Network diraih 4 prodi UNP

Rektor Universitas Negeri Padang Prof Ganefri. (FOTO ANTARA/Agung Pambudi)

Padang (ANTARA) - Empat Program Studi (Prodi) Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat berhasil mendapatkan sertifikat ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA).

Empat prodi tersebut yakni, Bahasa dan Sastera Inggris, Prodi Pendidikan Kimia, Prodi Manajemen dan Prodi Pendidikan Elektro.

"Kami berharap hasil yang diraih oleh empat prodi ini dapat terus dipertahankan, dan meningkatkan pelayanan pendidikan yang baik bagi mahasiswa," kata Rektor UNP Prof  Ganefri saat menyerahkan sertifikat kepada perwakilan empat prodi itu di Padang, Selasa.

ASEAN University Network (AUN ) merupakan sebuah organisasi ASEAN yang didirikan pada tahun 1995 dengan bertujuan melaksanakan kerja sama pendidikan dalam membuat suatu integrasi regional untuk mencapai standar pendidikan global.

Ia menyebutkan, selain bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan, tujuan sertifikasi tersebut adalah mendapatkan pengakuan internasional dan lulusan yang berkualitas serta diakui masyarakat tentang kualitas pendidikan di perguruan tinggi tersebut.

Ganefri mengatakan, pihaknya dalam menunjang sertifikasi AUN-QA tersebut juga melakukan berbagai upaya peningkatan sarana dan prasarana pendidikan. Mulai dari perpustakaan, labor dan fasilitas pendukung proses belajar mengajar lainnya.

"Secara bertahap kami akan lakukan sertifikasi internasional seluruh prodi di universitas UNP karena ini adalah suatu kebutuhan agar dapat diakui dalam dunia pendidikan internasional," katanya.

Selain itu, kata dia, AUN-QA juga menjadi sarana untuk mendapatkan kepercayaan publik, bagaimana orang tua bisa memilih pendidikan bagi anaknya di UNP.

Menurut Ganefri pihaknya akan terus berupaya bagaimana laboratorium di Fakultas Teknik dan F-MIPA  mendapat sertifikasi dari ISO 17025, yakni sebuah pengakuan dari internasional terhadap suatu produk yang dihasilkan terutama lewat pengujian-pengujian.

Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UNP Edwin Musdi menyebutkan selain empat prodi tersebut, pada tahun ini ada 14 prodi lagi yang akan dinilai tim AUN-QA.

"Untuk empat prodi lagi tim AUN QA akan melakukan visitasi pada Oktober 2020," katanya.

Baca juga: Rektor UNP: Saatnya revolusi kurikulum PT untuk revolusi industri 4.0

Baca juga: UNP sediakan beasiswa S-2 dan S-3 untuk mahasiswa Ethiopia

Baca juga: UNP jalin kerja sama dengan tiga universitas Malaysia
Pewarta : Laila Syafarud/Agung Pambudi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020