155 buku pelajaran agama Islam untuk memperkuat pemahaman moderasi beragama para siswa
Jakarta (ANTARA) - Menteri Agama Fachrul Razi menjelaskan program-program Kemenag dalam moderasi beragama, salah satunya penguatan melalui pendekatan dunia pendidikan.

"Menyelesaikan review 155 buku pelajaran agama Islam untuk memperkuat pemahaman moderasi beragama para siswa, penguatan pendidikan karakter dan pendidikan antikorupsi. Buku ini akan mulai digunakan pada tahun ajaran 2020/2021," kata Fachrul dalam jumpa pers di kantornya, area Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa.

Kemudian, kata dia, melalui dunia pendidikan materi khilafah yang dulunya menekankan aspek fikih ke depan akan lebih menitikberatkan pada kajian sejarah sehingga diharapkan lebih kontekstual.

Baca juga: Menag: Tugas moderasi beragama temui rintangan berat

Baca juga: Pelayanan publik, Menag pastikan ada toleransi dan moderasi beragama


Kemenag, lanjut dia, menerbitkan 12 buku Pendidikan Agama Islam berperspektif moderasi beragama. Selain itu, kementerian juga merilis pedoman implementasi moderasi beragama di bidang pendidikan Islam.

Menag mengatakan di dunia perguruan tinggi, dilakukan pendirian rumah moderasi beragama di sejumlah PTKI di antaranya UIN Bandung, IAIN Pekalongan, UIN Walisongo Semarang, STAIN Kepulauan Riau dan IAIN Bengkulu.

Fachrul mengatakan Kemenag juga menyelenggarakan diklat untuk 160 instruktur moderasi beragama yang terdiri dari 60 dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dan 100 Ketua Dema/BEM Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Dari ranah tenaga pendidik dan kependidikan, dia mengatakan kemenag mencanangkan program pencegahan radikalisme bekerja sama dengan Setara Institute seperti di Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kota Malang dan Kabupaten Malang.

Baca juga: Kemenag: moderasi beragama agar sasar milenial

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020