Pengembangan PLTS ini untuk desa-desa yang ada di luar jaringan listrik PLN yang existing, sehingga kami memanfaatkan potensi tenaga surya sebagai sumber tenaga pembangkit listrik di 42 desa tersebut
Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Provinsi Nusa Tenggara Timur menargetkan 42 desa di provinsi berbasiskan kepulauan itu terlistriki menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) pada 2020 ini.

“Pengembangan PLTS ini untuk desa-desa yang ada di luar jaringan listrik PLN yang existing, sehingga kami memanfaatkan potensi tenaga surya sebagai sumber tenaga pembangkit listrik di 42 desa tersebut,” kata General Manager PT PLN UIW NTT, Ignatius Rendroyoko dalam keterangan tertulis yang diterima di Kupang, Minggu.

Baca juga: Dukung UNKBK di NTT, PLN bentuk 24 posko siaga listrik

Dia mengatakan untuk itu pihaknya akan membangun enam unit PLTS yang menyebar di sejumlah kabupaten di antaranya, Sikka, Ende dan Manggarai Timur di Pulau Flores, Kabupaten Alor di Pulau Alor, serta Sumba Timur dan Sumba Barat di Pulau Sumba.

Selain itu, lanjut Ignatius, akan dibangun PLTS dengan pinjaman dana dari luar negeri untuk 19 desa yang menyebar di Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai Timur, Ende Sikka, Alor, Sumba Timur dan Timor Tengah Selatan.

“Upaya ini untuk meningkatkan rasio desa berlistrik di NTT terutama di wilayah pelosok atau kepulauan yang kami targetkan mencapai 100 persen pada 2020 ini,” katanya.

Baca juga: PLN perkuat sistem kelistrikan Labuan Bajo dengan tiga pembangkit

Sebelumnya, Ignatius menjelaskan hingga akhir 2019, PLN NTT telah memiliki sejumlah PLTS dengan kapasitas mencapai sekitar 14 mega watt. Pihaknya menargetkan hingga 2028 meningkat hingga 26,4 persen.

Sejumlah PLTS yang telah dibangun dan beroperasi pada 2019 di antaranya di Desa Pasir Putih, Desa Seraya Marannu dan Desa Batu Tiga di Kabupaten Manggarai Barat, Desa Nuca Molas di Kabupaten Manggarai, Desa Usulanu di Kabupaten Rote Ndao, serta Desa Koja Doi di Kabupaten Sikka.

Baca juga: PLN NTT resmikan tiga PLTS untuk pulau-pulau kecil di Alor

Ignatius memastikan akan terus berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi (RE) dengan melistriki daerah-daerah yang sulit dijangkau jaringan PLN yang existing menggunakan pembangkit energi baru terbarukan (EBT).

Peningkatan RE, kata dia, merupakan tugas penting yang harus diwujudkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi maupun perkembangan sektor lainnya di berbagai wilayah pelosok.

Baca juga: PLN NTT siap operasikan PLTS terangi Pulau Koja Doi di Sikka

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020