Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP PAN terpilih Zulkifli Hasan mengatakan posisi politisi senior PAN Amien Rais spesial di partai politik berlambang matahari terbit tersebut.

"Pak Amien adalah pendiri PAN, pendiri utama. Jadi Pak Amien spesial di PAN," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

Dia menilai Amien merupakan tokoh dan pemimpin di PAN sehingga posisinya tidak tergantikan.

Politisi PAN Yandri Susanto enggan mengomentari terkait posisi Amien dalam kepengurusan PAN 2020-2025.

Namun menurut dia, posisi Ketua Dewan Kehormatan PAN yang sebelumnya dijabat Amien Rais, saat ini digantikan oleh Sutrisno Bachir dan Hatta Rajasa sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Partai.

"Persoalan posisi Pak Amien, bang Zul (Zulkifli Hasan) menyampaikan bahwa beliau tetap spesial di PAN. Dan kalau istilah saya, Pak Amien tetap tertinggi, tidak ada yang bisa menandingi siapapun," katanya.

Menurut dia, walaupun Amien tidak ada dalam struktur PAN, namun fungsi dan keberadaannya tidak ada yang bisa menandingi sehingga posisinya tetap tertinggi.

Yandri mengatakan secara substansi, posisi Amien di PAN tidak ada yang bisa menggantikan dan terkait struktur partai mungkin ada rotasi yang merupakan bagian dari sistem pengkaderan.

"Kami ini kan kader-kader Pak Amien, Mas Tris (Sutrisno Bachir), Bang Hatta (Rajasa), Bang Zul (Zulkifli Hasan) semua merupakan kader Pak Amien," katanya.

Baca juga: Zulhas kutip pernyataan Amien: Kompetisi seperti "smack down"

Baca juga: Tutup Kongres V PAN, Zulhas minta maaf pada Amien Rais

Baca juga: "Nasib" Amien Rais di PAN, Bima Arya: Tergantung ketua umum

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020