Cegah COVID-19, Bakamla semprotkan desinfektan ke personel, kendaraan

Cegah COVID-19, Bakamla semprotkan desinfektan ke personel, kendaraan

Bakamla (ANTARA/bakamla.go.id)

Jakarta (ANTARA) - Badan Keamanan Laut (Bakamla) melakukan tindakan preventif dalam mencegah penyebaran virus Corona jenis baru, COVID-19 di lingkungan kantor dan satuan kerjanya dengan prosedur pemeriksaan secara ketat terhadap personel dan kendaraan yang masuk ksatrian Bakamla RI.

"Setiap tamu maupun personel Bakamla RI yang akan memasuki kantor, termasuk Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia. Pejabat utama Bakamla RI wajib mengikuti proses pemeriksaan suhu tubuh dengan thermometer infrared serta penyemprotan tubuh dengan cairan desinfektan di tenda yang telah disiapkan di halaman parkir Mabes Bakamla RI," kata Kasubbag Humas Bakamla Letkol Bakamla Mardiono, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Tim Brimobda NTB semprot disinfektan di Bandara Internasional Lombok

Baca juga: PT KAI - BPBD lakukan penyemprotan disinfektan di kereta api

Baca juga: Cegah COVID-19, Pupuk Indonesia lakukan penyemprotan disinfektan


Selain penyemprotan disinfektan kepada personel, tamu dan kendaraan, lanjut dia, personel Bakamla RI dan para tamu yang mengunjungi kantor juga wajib mencuci tangan dengan hand sanitizer yang telah disediakan di seluruh akses pintu masuk, ruang kerja dan lift.

Selain itu, dilakukan pengecekan serta mencatat seluruh daftar tamu yang keluar masuk, termasuk menyiapkan petugas medis yang sudah disiapkan dalam menghadapi skenario terburuk.

Tak hanya itu, kata Mardiono, untuk meminimalisir penyebaran COVID-19, Bakamla RI juga telah mengeluarkan kebijakan Work from Home (WFH) atau melaksanakan tugas kedinasan di rumah bagi pejabat setingkat eselon-4 dan staf ke bawah.

"Selama di rumah, personel yang melaksanakan WFH wajib mengerjakan pekerjaan masing-masing yang ditugaskan atasannya melalui saluran komunikasi yang ada. Mereka juga dilarang melakukan perjalanan pulang kampung (ke daerah) karena sewaktu-waktu dapat diminta kembali ke kantor bilamana ada pekerjaan yang mendesak," jelas Mardiono.

Para pejabat serta personel juga diminta membatalkan atau menunda perjalanan dinas, baik di dalam maupun luar negeri untuk sementara waktu.

"Serta mewajibkan personelnya setelah melakukan perjalanan dinas dari luar negeri, untuk memeriksakan kesehatannya di rumah sakit sebelum kembali ke kantor. Tak hanya itu, Bakamla RI juga pada hari Jumat (20/3) akan melaksanakan penyemprotan disinfektan pada seluruh ruangan kerja di Mabes Bakamla RI.

Berbagai instruksi dan sosialisasi kepada personel terkait upaya mencegah merebaknya COVID-19, tambah Mardiono, juga telah dikeluarkan baik dalam bentuk surat edaran maupun lewat media sosial dan website Bakamla RI.
Pewarta : Syaiful Hakim
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2020