PMI siapkan armada khusus penyemprot disinfektan antisipasi COVID-19

PMI siapkan armada khusus penyemprot disinfektan antisipasi COVID-19

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla mengecek gudang logistik PMI. (ANTARA/Foto Humas PMI)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) mengatakan organisasi kemanusiaan tersebut telah menyiapkan armada khusus untuk penyemprotan disinfektan di wilayah DKI Jakarta sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19.

"Terdapat 10 unit kendaraan motor roda tiga berkapasitas 350 liter. Ini akan dikhususkan untuk penyemprotan di wilayah DKI Jakarta," kata Jusuf Kalla melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan kendaraan roda tiga tersebut efektif untuk melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah pemukiman warga yang tidak bisa dilalui oleh mobil truk atau mobil pick up.

Armada khusus tersebut secara umum beroperasi untuk mendukung pelayanan PMI dalam upaya mitigasi pencegahan COVID-19 di DKI Jakarta. Apalagi saat ini wilayah ibukota tersebut telah menjadi salah satu episentrum penyebaran virus corona.

Baca juga: PMI Jakarta Barat kerahkan truk kapasitas 2.400 liter untuk disinfeksi
Baca juga: PMI galang dana bantu penanganan COVID-19 melalui QRIS


Dalam rangka memastikan kesiapan kendaraan roda tiga tersebut, Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 itu mengecek secara langsung ke gudang logistik PMI di Smesco Jakarta.

Secara umum, hingga hari ini PMI telah melakukan penyemprotan disinfektan di 26 provinsi atau 131 kabupaten dan kota se-Tanah Air. Total sebanyak 8.798 titik yang telah dilakukan penyemprotan dengan melibatkan 3.000 personel relawan.

Selain itu, PMI juga telah mengerahkan 120 unit mobil tangki air dan 230 unit kendaraan pick up yang dimodifikasi menjadi kendaraan penyemprotan disinfektan.

Untuk mendukung kegiatan menangani COVID-19, PMI membuka rekening donasi di Bank Mandiri 070-00-0996190-0 atas nama Palang Merah Indonesia dan Bank Central Asia (BCA) 206.300668.8 atas nama Kantor Pusat PMI.

Baca juga: PMI lakukan penyemprotan cairan antikuman massal di 26 provinsi
Baca juga: Kadin serahkan Rp10 miliar ke PMI bantu tangani COVID-19
Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor: Desi Purnamawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020