Kediri salurkan bantuan untuk warga yang diisolasi karena corona

Kediri salurkan bantuan untuk warga yang diisolasi karena corona

Petugas di kompleks Perumahan Permata Jingga, Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu (1/4/2020). Pemerintah Kota Kediri mengisolasi daerah tersebut setelah adanya temuan seorang warga positif terinfeksi virus corona. ANTARA/HO-Pemkot Kediri

Kediri (ANTARA) - Pemerintah Kota Kediri serta Si Jamal, lembaga amal bentuk wadah donasi untuk COVID-19 memberikan bantuan untuk warga yang diisolasi di kompleks Perumahan Permata Jingga, Kota Kediri, Jawa Timur, setelah adanya temuan seorang warga positif terinfeksi virus corona.

"Bantuan bahan pokok sudah ada dari Dinas Sosial Kota Kediri, sekarang gantian Si Jamal yang menyalurkan sayuran dan lauk mentahnya," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Kediri dr Fauzan Adhima di Kediri, Rabu.

Di kompleks Perumahan Permata Jingga, Kota Kediri, pelaksanaan isolasi sudah memasuki hari keempat. Bantuan bahan pokok yang telah diberikan Dinas Sosial Kota Kediri antara lain beras, minyak goreng, telur, hingga kecap.

Baca juga: Bantuan pangan disalurkan ACT Jatim untuk tenaga medis RSUD dr Soetomo
Baca juga: Madiun beri bantuan pangan bagi pekerja informal terdampak corona


Bantuan itu diberikan untuk 122 KK yang tinggal di kompleks perumahan tersebut. Selain bahan pokok, terdapat Si Jamal (sinergi untuk jaring pengaman sosial), sebuah gerakan amal Pemkot Kediri yang juga menggandeng sejumlah lembaga amil zakat dan infaq di Kota Kediri juga memberikan bantuan.

Bantuan yang diberikan tersebut berupa sayuran dan lauk mentah untuk warga yang tinggal di daerah tersebut. Proses belanja dilakukan oleh petugas dengan membeli sayur di pasar tradisional yang ada di Kota Kediri.

"Si Jamal juga belanjanya di pasar tradisional di wilayah Kota Kediri, ini juga mengonfirmasi bahwa stok pangan di Kota Kediri aman, masyarakat tidak perlu panik," ujar dr Fauzan.
 
Baca juga: Pemkab Garut siapkan bantuan bagi warga yang ditinggal merantau
Baca juga: Dedi Mulyadi usulkan buruh tani-nelayan dapat bantuan khusus


Ia menambahkan, dengan bantuan tersebut tentunya bisa bermanfaat untuk warga. Karena isolasi lingkungan, warga Perumahan Permata Jingga Kota Kediri tersebut memang tidak bisa keluar untuk membeli bahan makanan dan lauk pauk, sehingga peran Si Jamal membuat warga yang berada di perumahan Permata Jingga bisa tenang sepanjang 14 hari masa isolasi lingkungan.

"Hari ini kami juga siapkan mobil ATM keliling dari Bank Jatim di depan gerbang perumahan, jadi warga juga masih bisa melakukan transaksi perbankan atau mengambil uang jika dibutuhkan," ujar Fauzan.

Ia juga mengimbau agar masyarakat maupun pihak yang ingin memberikan donasinya agar langsung ke rekening Si Jamal. Terdapat lima perwakilan dari lembaga amal di Kediri untuk penyaluran donasi tersebut.

"Jadi, agar tidak salah sasaran, sebaiknya semua bantuan difokuskan pada Si Jamal. Masyarakat tidak perlu ragu, insyaAllah bantuannya tepat sasaran," ujar Fauzan.

Warga yang positif tersebut merupakan pejabat dari Kabupaten Kediri. Namun, saat ini kondisinya sudah semakin membaik setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Baca juga: Petrokimia kirim bantuan ke posko tanggap COVID-19 BUMN
Baca juga: Antisipasi dampak COVID-19, Aptisi Jatim beri bantuan ke Kota Malang
Baca juga: Pemkot Bandung siapkan 23.000 paket bahan pokok hasil penggalangan
Pewarta : Asmaul Chusna
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020