Rumah seorang pasien positif COVID-19 disemprot desinfektan

Rumah seorang pasien positif COVID-19 disemprot desinfektan

Wali Kota Jambi Dr Syarif Fasha yang juga merupakan ketua gugus tugas COVID-19 Kota Jambi saat berada di lingkungan rumah pasien positif COVID-19 01 Jambi yang pulang ke rumah. Gugus tugas COVID-19 Kota Jambi lakukan sterilisasi rumah pasien positif COVID-19 setelah pasien di jemput kembali oleh pihak rumah sakit. (Antara/HO/Ist)

Jambi (ANTARA) - Gugus tugas COVID-19 Kota Jambi dan polisi mensterilkan rumah pasien COVID-19 yang dipulangkan dari rumah sakit dengan menyemprotkan desinfektan ke rumah pasien ini.

"Setelah pasien positif COVID-19 dijemput kembali oleh pihak rumah sakit, Selasa malam ini, rumah dan lingkungan rumah pasien langsung disemprot desinfektan," kata Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kota Jambi Abu Bakar di Jambi, Selasa.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha menyayangkan keputusan pihak rumah sakit yang mengizinkan pasien positif COVID-19 pulang ke rumah karena pasien ini semestinya dirawat sesuai dengan protokol perawatan kesehatan COVID-19.

Baca juga: Dua pasien positif COVID-19 di Kota Probolinggo membaik

Abu Bakar menjelaskan, setelah mendapatkan informasi pasien positif COVID-19 ini pulang ke rumahnya, gugus tugas mendatangi rumah pasien dan meminta pasien ini kembali ke rumah sakit.

"Wali Kota Jambi yang juga merupakan ketua gugus tugas COVID-19 langsung berkoordinasi dengan pasien agar kembali ke rumah sakit," kata Abu Bakar.

Gugus tugas COVID-19 juga meminta keluarga pasien melakukan rapid test.

Baca juga: Gubernur: 21,65 persen pasien COVID-19 di Jatim sembuh

Wali Kota Jambi menghimbau masyarakat tidak panik karena si pasien sudah di jemput kembali oleh Rumah Sakit Raden Mattaher Jambi. 

"Besok Rabu (8/4) akan kembali dilakukan penyemprotan di komplek perumahan pasien positif COVID-19 01 Jambi tersebut," kata Abu Bakar.

Gugus tugas COVID-19 juga meminta pihak rumah sakit  terlebih dahulu berkoordinasi dengan mereka sebelum mengambil kebijakan strategis terkait penanganan pasien COVID-19, apalagi ketika memulangkan pasien positif COVID-19.

Baca juga: Delapan pasien positif COVID-19 sembuh di RSUP Adam Malik
Pewarta : Muhammad Hanapi
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020