Mengikuti dan menaati anjuran dari pemerintah agar masyarakat tetap di rumah dan jaga jarak adalah bantuan yang sangat vital dalam rangka membantu percepatan pemutusan mata rantai penularan COVID-19
Jayapura (ANTARA) - Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jayapura Hariyanto Rumagia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menaati anjuran pemerintah dalam upaya mencegah dan menangani penyebaran virus corona jenis baru atau COVID-19.

"Saat ini saya berada di posko HMI Peduli COVID-19 yang beralamat di Skyline Kotaraja, untuk memutus mata rantai virus ini maka kita harus mengikuti anjuran dan imbauan pemerintah," katanya di Jayapura, Rabu.

Anjuran pemerintah itu, kata dia, di antaranya dengan tetap menjaga jarak fisik (phisycal distancing), menjaga kesehatan, melakukan pola hidup sehat dengan cuci tangan dan menggunakan masker jika dalam keadaan mendesak ke luar rumah.

"Mari kita lakukan apa yang bisa dilakukan agar dapat membantu masyarakat yang tidak mampu akibat COVID-19 ini. Mengikuti dan menaati anjuran dari pemerintah agar masyarakat tetap di rumah dan jaga jarak adalah bantuan yang sangat vital dalam rangka membantu percepatan pemutusan mata rantai penularan COVID-19 ini," katanya.

"Saya mengajak kepada semua komponen mari bergandengan tangan bersama pemerintah untuk menghadapi virus corona ini sehingga semua penyakit ini bisa cepat usai sehingga besok lusa kita bisa beraktivitas seperti biasanya," katanya.

Mengenai adanya informasi di media sosial yang terlalu melebih-lebihkan atau bahkan informasi hoaks, ia juga meminta warga untuk lebih selektif dalam menerima atau membacanya.

"Kemudian setiap berita yang bersifat hoaks atau bohong sebaiknya kita konfirmasi kepada pihak-pihak yang bertanggung jawab yaitu pihak kepolisian dan juga Gugus Tugas COVID-19 di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota sehingga kerukunan kamtibmas kita di tanah Papua dapat terjaga dengan baik," demikian Hariyanto Rumagia.

Baca juga: Keluarga besar HMI Kalbar gelar aksi sosial cegah COVID-19

Baca juga: Bayi berusia enam bulan terserang COVID-19 di Jayapura

Baca juga: Relawan COVID-19 KAHMI Malaysia salurkan bantuan ke TKI

Baca juga: Pasien positif COVID-19 meninggal di Jayapura

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020