Tarakan (ANTARA) - Juru bicara Gugus Tugas COVID-19 Kalimantan Utara (Kaltara), Agust Suwandy mengatakan 4 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kaltara terkonfirmasi positif yakni 2 pasien di Bulungan dan 2 pasien di Tarakan.

Dari 84 spesimen Kaltara yang dikirim ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya, pada hari Rabu, 10 spesimen sudah sudah keluar hasilnya.  

"Ada 10 hasil swab dengan rincian 5 hasil dari Bulungan dan 5 hasil PDP dari Tarakan. Untuk Bulungan 3 hasilnya negatif dan 2 positif. Dari Tarakan 3 hasilnya negatif dan 2 positif," kata Agust dalam siaran pers diterima di Tarakan, Rabu.

Untuk 2 orang yang positif dari Bulungan adalah pasien usia 41 tahun dengan riwayat mengikuti seminar keagamaan di Malinau dan usia 27 tahun riwayat kontak erat dengan pasien positif COVID-19 yang meninggal pada 1 April 2020.

Baca juga: Satu PDP positif COVID-19 di Bulungan-Kaltara meninggal, sebut jubir

Baca juga: ASN Pemprov Kaltara sisihkan gaji untuk warga terdampak COVID-19

Baca juga: Jubir: PDP di Nunukan yang meninggal hasil "swab"-nya negatif COVID-19


Sedangkan pasien positif di Tarakan usia 48 tahun dengan riwayat dari luar Kalimantan Utara dan pasien yang berusia 69 tahun yang saat ini masih ditelusuri kontak dengan siapa saja yang bersangkutan.

Ditambahkannya, 2 orang pasien positif di Kaltara saat ini, hasil pemeriksaannya negatif, yakni dari Bulungan dan Tarakan.

"Hasilnya negatif secara klinis dan radiologi serta dinyatakan sembuh, kemudian akan kembali ke keluarga," kata Agust.

Saat ini di Kaltara ada 177 Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang tersebar di Tarakan 84 orang, Malinau 16 orang, Nunukan ada 32 orang, Kabupaten Tana Tidung ada 20 orang dan Bulungan ada 25 orang.

Kemudian ada 169 Orang Tanpa Gejala (OTG) yang tersebar di Tarakan ada 110 orang, Nunukan ada 20 orang dan Bulungan ada 39 orang. Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 30 orang yang tersebar di Tarakan 7 orang, Malinau ada 8 orang, Nunukan ada 5 orang, Kabupaten Tana Tidung ada 2 orang dan Bulungan 8 orang.*

Baca juga: Tangani COVID-19, Kalimantan Utara tambah rumah sakit rujukan

Baca juga: Gugus Tugas COVID-19 Kaltara buka posko pemeriksaan

Baca juga: Ada dua tambahan, positif COVID-19 di Kaltara jadi delapan orang

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020