sekitar 750 nasi bungkus dibagikan kepada masyarakat
Serang (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Banten melalui Sat Brimob Polda Banten, Jumat mendirikan dapur umum di Kawasan Industri Modern Cikande Kabupaten Serang dalam upaya membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Pelaksanaan kegiatan dapur lapangan atau dapur umum serta pembagian makanan tersebut dipimpin langsung Dansat Brimob Polda Banten AKBP Dwi Yanto Nugroho, dan dilaksanakan oleh personel Polres Serang, Personel Polda Banten serta melibatkan Personel TNI dari Koramil Cikande, Koramil Kragilan dan Koramil Ciruas.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten Irjen Pol Agung Sabar Santoso mengatakan, bahwa upaya yang dilakukan oleh kepolisian sebagai wujud empati Polri kepada masyarakat yang sangat membutuhkan adanya bantuan dan masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari penghasilan harian seperti tukang ojek, becak,sopir angkutan umum, dan pemulung
.
"Pendirian dapur umum ini bertujuan untuk memberikan bantuan makanan, sekitar 750 nasi bungkus dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkannya di wilayah Cikande Kabupaten Serang," kata Agung Sabar Santoso.

Baca juga: Tentara-polisi di Kalimantan Barat siapkan ribuan nasi kotak tiap hari
Baca juga: Polda Kepri bentuk dapur umum bantu warga terdampak COVID-19


Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menambahkan, adanya kegiatan pemberian bantuan makanan siap saji hasil dari dapur umum yang didirikan oleh Sat Brimob Polda Banten, diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat di masa pandemi COVID-19
.
Selain itu Edy Sumardi pun memberikan himbauan kepada seluruh elemen masyarakat agar dapat bekerja sama dan ikut serta mengantisipasi penyebaran COVID-19 dengan mematuhi adanya kebijakan pemerintah dan Maklumat Kapolri.

Sementara itu, dalam mengantispasi pandemi COVID-19, Biddokkes Polda Banten melakukan prosedur tetap protokol kesehatan, dengan melakukan pengecekan suhu tubuh para personel atau tamu di area penjagaan pintu masuk Mako Polda Banten.

Baca juga: Polres Bangka Barat bersama Kodim 0431 mendirikan dapur umum di Mentok
Baca juga: Depok dirikan dapur umum selama PSBB


Kabiddokkes Kombes Pol dr. Nariyana M.Kes mengatakan, kegiatan tersebut merupakan sebuah langkah preventif untuk mengantisipasi penularan COVID-19 dan untuk kondisi suhu badan, baik personel atau pun pengunjung yang akan masuk ke Polda Banten.

"Siapapun wajib memeriksa suhu tubuh dan tidak hanya personel Polri, masyarakat yang datangpun di Polda Banten juga dilakukan pemeriksaan suhu tubuh," katanya.

Nariyana mengungkapkan, selain melakukan cek suhu badan, kegiatan tersebut mensosialisasikan pentingnya menjaga kesehatan, menggunakan masker kepada para PJU, seluruh Anggota/PNS Polri, dan masyarakat yang memasuki area Mako Polda Banten.

Baca juga: Kota Bekasi bangun 12 dapur umum terkait PSBB
Baca juga: Polisi-tentara dirikan dapur umum warga terdampak COVID-19 di Biak
Baca juga: ACT kirim truk dapur umum ke Pulau Galang untuk penanganan COVID-19

 

Pewarta: Mulyana
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020