Rapid test, Relawan Indonesia Bersatu jemput bola ke kelurahan

Rapid test, Relawan Indonesia Bersatu jemput bola ke kelurahan

Relawan menunggu peserta tes cepat COVID-19 pada acara Siaga Pencanangan Gerakan Nasional Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 di Lapangan Wisma Atlet, Jakarta, Rabu (22/4/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj/pri.

Jakarta (ANTARA) - Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 melakukan upaya jemput bola atau mendatangi masyarakat langsung hingga ke kelurahan guna memberikan layanan "rapid test" COVID-19.

"Betul, kami akan menyasar zona merah terutama daerah padat dan yang banyak warga prasejahtera," kata Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 Sandiaga Salahudin di Jakarta, Minggu.

Relawan menyiapkan mobil unit yang akan menggelar "rapid test" gratis tersebut untuk menghampiri kelurahan-kelurahan dan beberapa permukiman padat penduduk serta terdapat banyak warga yang prasejahtera.

Baca juga: Menkes RI serahkan 1.000 alat "rapid test" ke RSD Wisma Atlet

"Permukiman padat dan banyak warga yang belum terakses dengan bantuan sembako dan bantuan melakukan 'rapid test'," kata dia.

Satu unit mobil, menurut Sandiaga, bisa menggelar 250 hingga 300 tes massal COVID-19 untuk masyarakat. Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 akan memberdayakan sekitar 4 unit mobil setiap harinya.

"Jika ini bisa berlangsung mulai awal minggu depan kita perkirakan antara 1.000 sampai 1.200 testing per hari di 4 lokasi bersama," ucapnya.

Kendaraan pengetesan massal tersebut, katat dia, nantinya akan terus berpindah-pindah tergantung laporan dari relawan yang bekerja sama dengan aparat setempat.

Baca juga: 13.065 warga Jakarta Selatan sudah jalani tes cepat deteksi COVID-19

Sebelumnya, ribuan relawan yang bernaung dalam Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 mengikuti deklarasi melalui "live streaming" dari berbagai wilayah di Indonesia mendeklarasikan semangat gotong royong dan mendukung Pemerintah menyelamatkan bangsa dalam melawan corona atau COVID-19.

Deklarasi digelar terpusat di kawasan Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, dengan Protokol COVID-19 pada Rabu (22/4). Deklarasi tersebut diinisiasi oleh Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) Budi Gunawan.

"Kita semua yang hadir di sini tetap mengacu pada protokol kesehatan, semua pakai masker, semua menjaga jarak, menjaga jarak fisik. Saya apresiasi untuk teman-teman relawan," kata Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 Sandiaga Salahudin.

Baca juga: KlikDokter gelar rapid test massal COVID-19

Dalam kegiatan tersebut juga digelar "rapid test" COVID-19 bagi masyarakat umum, kegiatan tes massal tersebut terus berlangsung sampai saat ini.

"Saudara-saudara kita yang mengikuti 'rapid test' ini sebanyak 13 yang terindikasi positif terjangkit COVID-19 dan langsung ditangani di Wisma Atlet," ujarnya.

Bagi yang berpartisipasi menjalani rapid test diberikan bantuan sembako untuk membantu meringankan beban masyarakat yang bukan hanya terpapar krisis kesehatan dari COVID-19 ini tetapi juga ekonominya.
Pewarta : Boyke Ledy Watra
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020