Pemkot Pekalongan siagakan 4 posko terpadu COVID-19

Pemkot Pekalongan siagakan 4 posko terpadu COVID-19

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekalongan Slamet Prihantono. (ANTARA/HO/Dok. Diskominfo Kota Pekalongan)

Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menyiagakan 4 posko terpadu penanganan virus corona jenis baru atau COVID-19 untuk memeriksa setiap kendaraan pemudik yang masuk ke wilayah tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekalongan Slamet Prihantono di Pekalongan, Senin, mengatakan bahwa setiap penumpang yang turun dari angkutan umum akan diperiksa oleh tim deteksi dini subbidang pencegahan COVID-19.

Baca juga: Pemkot Pekalongan siap perketat pintu masuk pemudik

"Kita siagakan posko terpadu COVID-19 untuk pembatasan akses bagi masyarakat baik pendatang dari luar daerah maupun dalam kota," kata Slamet Prihantono.

Menurut dia, empat titik posko terpadu penanganan COVID-19 ini didirikan di depan kantor Samsat Tirto, stasiun KA, terminal bus, dan kawasan eksit tol Setono.

Pada posko terpadu itu, kata dia, akan disiagakan pula petugas secara shift yang berjaga selama 24 jam dan sesuai aturan protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan dan sabun, hand sanitizer, masker, dan spanduk sosialisasi tentang pencegahan penyebaran virus corona.

Baca juga: Polresta Pekalongan bentuk posko Kampung Siaga COVID-19

Ia mengatakan dengan didirikan posko terpadu ini akan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai bahaya virus corona dan cara pencegahannya.

"Kami bersinergi dengan Polri, TNI, Dinas Kesehatan, petugas jaga terminal bus dan stasiun KA melakukan pantauan terhadap para pendatang. Para pendatang akan dilakukan pengecekan suhu tubuh menggunakan thermogun dan didata," katanya.

Baca juga: Bupati Pekalongan keluarkan maklumat shalat wajib di rumah saja

Ia menambahkan petugas medis yang berjaga jika menemukan ada warga yang terindikasi gejala COVID-19 maka akan membantu merujuk ke pusat pelayanan kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit untuk kemudian dilakukan isolasi.
Pewarta : Kutnadi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020