Pangkalan Bun (ANTARA) - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Achmad Rois menyebutkan jumlah pasien positif COVID-19 di wilayahnya bertambah lima orang.

Saat ini terdapat lima pasien baru positif COVID-19, berasal dari Desa Mandala Jaya satu orang, Kelurahan Baru dua orang dan Desa Karang Sari dua orang, katanya di Pangkalan Bun, Kamis.

"Dari lima pasien baru tersebut, satu pasien diantaranya merupakan orang dalam pemantauan (ODP) dan sisanya orang tanpa gejala (OTG) COVID-19," katanya.

Dari lima pasien baru tersebut, dua diantaranya merupakan kluster Gowa, sisanya merupakan orang kontak erat dengan pasien positif COVID-19 sebelumnya.

Baca juga: Satu lagi pasien positif COVID-19 di Kotawaringin Barat sembuh

Baca juga: Tambah dua, pasien positif COVID-19 Kotawaringin Barat jadi empat


Kini pasien positif COVID-19 di Kotawaringin Barat berjumlah 18 orang, dengan rincian di Desa Lada Mandala Jaya lima orang, Desa Purbasari dua orang dan Desa Pandu Senjaya satu orang, di Kelurahan Baru empat orang, Desa Umpang satu orang, Kelurahan Mendawai satu orang, Desa Karang Sari tiga orang dan Desa Rungun satu orang.

Kemudian, ODP berjumlah 22 orang yang tersebar di 16 desa atau kelurahan di lima Kecamatan dan PDP berjumlah dua orang berasal dari dua desa di Kecamatan Pangkalan Lada.

Mencermati perkembangan situasi COVID-19 tersebut, perlu adanya sinergi dan kerja sama semua pihak mengawal kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat.

Termasuk mereka yang baru datang dari luar daerah untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari, sebagai upaya pencegahan munculnya klaster lainnya di Kotawaringin Barat.

Perlunya kedisiplinan yang tinggi dari masyarakat mematuhi anjuran pemerintah, baik tetap berada di rumah, menggunakan masker jika terpaksa keluar rumah dan membiasakan diri mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir sehabis ke luar rumah.

Perlu diketahui, sejak ditemukannya pertama kali kasus pasien positif COVID-19 hingga hari ini, secara kumulatif tercatat 20 kasus pasien positif di Kotawaringin Barat, dengan rincian 18 pasien masih dalam perawatan medis di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun dan dua pasien lainnya berhasil sembuh.*

Baca juga: Enam tenaga kesehatan di Kalteng positif COVID-19 salah satunya dokter

Baca juga: Di Kalteng ada tambahan tiga kasus baru positif COVID-19

Pewarta: Kasriadi/Hendri Gunawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020