Satu pasien positif COVID-19 asal Temboro Magetan sembuh

Satu pasien positif COVID-19 asal Temboro Magetan sembuh

Akses jalan ke rumah pasien positif COVID-19 asal Desa Temboro, Kecamatan Karas, Magetan ditutup untuk mendukung proses karantina. Pasien COVID-19 ke-10 tersebut telah dinyatakan sembuh dan jalani isolasi mandiri selama 14 hari. (ANTARA/Louis Rika/ Rz)

Magetan (ANTARA) - Satu pasien positif COVID-19 asal Kabupaten Magetan, Jawa Timur yang dirawat di RSUD dr Soedono Kota Madiun dinyatakan sembuh dan telah dipulangkan.

Juru Bicara tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Magetan Saif Muchlissun mengatakan pasien COVID-19 yang sembuh tersebut adalah pasien ke-10 yang merupakan warga Desa Temboro, Kecamatan Karas, Magetan. Yang bersangkutan pulang dengan dijemput tim gugus tugas pada Rabu (29/4).

"Siang kemarin, hari Rabu (28/4/2020) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Magetan telah menjemput di Madiun dan mengantarkan pulang ke rumahnya di wilayah Kecamatan Karas," ujar Muchlis, sapaan akrab Saif Muchlissun di Magetan, Kamis.

Baca juga: Palembang segera kirim usulan PSBB ke Gubernur Sumsel

Selanjutnya pasien pria berusia 52 tahun tersebut harus menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari ke depan. Hal itu wajib dilakukan walaupun hasil dari tes swab yang bersangkutan sudah dinyatakan negatif.

"Isolasi mandiri tetap dilaksanakan, ini sesuai ketentuan protokol kesehatan. Pasien yang terpapar positif COVID-19 setelah dinyatakan sembuh tetap harus lakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari," kata dia.

Untuk warga sekitar, jangan mengucilkan orang yang sudah sembuh tersebut. Tetapi lakukan jaga jarak aman sesuai protokol kesehatan. Ini pun yang juga dilakukan oleh delapan warga Magetan terpapar positip COVID-19 yang lebih dulu dinyatakan sembuh oleh dokter.

Baca juga: Gerakan Tengok Tetangga di tengah pandemi mulai digalakkan di Sinjai

"Semoga dengan tetap memenuhi ketentuan dan imbauan pemerintah, warga Magetan ataupun luar Magetan yang terpapar COVID-19 segera sembuh lagi. Saat ini masih ada 23 warga yang positif COVID-19," katanya.

Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Magetan mencatat, jumlah pasien positif COVID-19 di Magetan saat ini mencapai 33 orang.

Dari jumlah tersebut, sembilan di antaranya telah sembuh, satu meninggal dunia, dan sisanya sebanyak 23 pasien masih menjalani perawatan.

Baca juga: Di DIY, pasien sembuh dari COVID-19 bertambah jadi 43 orang
Baca juga: BAZNAS kerahkan tim kesehatan pantau kejiwaan warga saat COVID-19
Baca juga: Bertambah 131 orang, 1.522 pasien sembuh dari 10.118 positif COVID-19
Pewarta : Louis Rika Stevani
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020