Jakarta (ANTARA) - Demi mencairkan suhu politik warisan Pilpres 2019, Relawan Jokowi Mania mengajak politisi sekaligus pengusaha Sandiaga Uno untuk bersatu melawan COVID-19 dengan menggelar aksi peduli dan pemberian bantuan.

"Kita berharap langkah ini bisa mencairkan suhu politik warisan pilpres kemarin, sehingga ke depan tidak ada lagi pergesekan politik baik di tingkatan pusat maupun basis massa," kata Ketua Relawan Jokowi Mania Immanuel Ebenezer dalam keterangannya, Minggu pagi.

Baca juga: Sandiaga Uno minta bahu membahu dalam hadapi COVID-19

Relawan Jokowi Mania mengajak Sandiaga Uno untuk memperhatikan warga yang tinggal di kawasan TPA Bantargebang, Kota Bekasi, Jabar yang nyaris belum mendapatkan bantuan selama pandemi COVID-19.

“Warga di lingkungan TPA Bantargebang membutuhkan perhatian, karena selama pandemi COVID-19 terjadi nyaris tidak tersentuh,” katanya.

Ia mengatakan, hal itulah yang mendorong pihaknya berinisiatif menggandeng tokoh muda yang juga Mantan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno untuk terjun langsung mendistribusikan bantuan kepada ratusan kepala keluarga yang tinggal di kawasan tersebut.

Para relawan bersama Sandiaga Uno kemudian membagikan paket sembako kepada 300 Kepala Keluarga (KK) di lingkungan TPA Bantargebang Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat pada Sabtu (3/5) dalam Aksi Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19.

Baca juga: Sandiaga ajak pemerintah galakkan APD buatan Indonesia

Pandemi COVID-19, kata Immanuel Ebenezer merupakan wabah yang penyelesaiannya harus dilakukan bersama. Selain itu, pemerintah diharapkan tidak hanya fokus melakukan pencegahan dan penanganan virus saja, melainkan mempersiapkan kebutuhan pokok masyarakat terdampak selama terjadinya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Pemerintah Pusat sangat serius melakukan pencegahan dan penanganan wabah ini. Saya harap pemerintah daerah melakukan hal yang sama dan memperhatikan warganya yang terdampak. Penuhi kebutuhan pokok mereka secara layak, agar selama PSBB mereka semua bisa patuh dan melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing," ujar Immanuel.

Selain itu, Immanuel menjelaskan kehadiran Sandiaga Uno bersama Relawan Jokowi Mania sebagai program pemersatu Bangsa pasca-digelarnya Pemilihan Presiden 2019.

Saat itu, Sandiaga Uno merupakan calon Wakil Presiden berpasangan dengan Prabowo Subianto yang bersaing dengan pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin.

Di lokasi yang sama, Sandiaga Uno menjelaskan kedatangannya bersama Relawan Jokowi Mania sebagai bentuk empati atas bencana nonalam yang terjadi.

Pandemi COVID-19, menurut Sandi, merupakan masalah bersama sehingga seluruh komponen masyarakat harus bergandengan melawan virus ini.

"Saat pandemi semua harus bersatu, tidak boleh ada warna atau keberpihakan secara politik. Saya bersama Jo-Man menegaskan, musuh kita adalah COVID-19. Mari kita lawan dengan mengikuti apa yang dianjurkan oleh pemerintah," kata Sandiaga Uno.

Baca juga: Sandiaga: Jaga kemudahan bisnis UMKM di tengah COVID-19

Baca juga: Sabtu malam, Polri masifkan patroli PSBB di Jakarta dan sekitarnya

Baca juga: Gubernur sebut PSBB Jabar momentum untuk tes masif COVID-19


 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2020