Padang, (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat menyalurkan bantuan berupa ribuan masker kepada warga yang akan disalurkan oleh relawan dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Kelompok Sadar (Pokdar) Kamtibmas Kota Padang kepada masyarakat daerah itu.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu di Padang, Senin mengatakan secara keseluruhan jumlah masker yang diserahkan sebanyak 2.000 lembar.

Ia mengatakan hari ini Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Toni Harmanto menyerahkan masker kepada HMI.

Sementara untuk Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdar Kamtibmas) sudah dibagikan dengan jumlah yang sama.

"Total ada 2.000 masker yang disalurkan kepada masyarakat melalui HMI dan Pokdar Kamtibmas, " kata dia.

Baca juga: PDIP siapkan ribuan APD dan masker standar medis untuk Sumbar

Sebelumnya Polda Sumbar terus menyalurkan bantuan melalui program Polri Peduli yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia termasuk Sumatera Barat yang dipaksakan oleh Polda Sumbar serta Polres di masing-masing kota dan kabupaten.

Polda Sumbar juga bersinergi dengan TNI serta Himpunan Tjinta Teman (HTT) yang membuat dapur umum bagi warga Kota Padang yang membuat 150 nasi bungkus setiap harinya.

Dalam waktu dekat Polda Sumbar serta Polres se-Sumatera Barat juga akan menyalurkan bantuan beras bagi warga yang tidak menerima bantuan dari pemerintah.

Sesuai instruksi Kapolri, ada 215 ton beras yang akan dibagikan. Mulai dari Polda Sumbar sebanyak 25 ton dan masing-masing Polres di 19 kota dan kabupaten 10 ton.

"Kami juga sosialisasikan kepada masyarakat untuk menjaga jarak, menggunakan masker untuk mencegah penyebaran virus ini," kata dia.

Baca juga: BLK di Sumbar produksi 10 ribu masker

Baca juga: Polda Sumbar beri polwan pelatihan jahit masker saat COVID-19

Baca juga: Polwan Polda Sumbar buat 2.700 masker selama pelatihan di BLK

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020