Jakarta (ANTARA News) - Grand final penyelenggaraan Miss Jakarta Fair Kemayoran (MJFK) akan diselenggarakan Sabtu (11/7) malam di arena Pekan Raya Jakarta (PRJ) diikuti 10 finalis yakni sales promotion girl (SPG) penjaga stand peserta Pekan Raya Jakarta (PRJ).

Koordinator Panitia MJFK, Bayu Pratomo di Jakarta, Sabtu, mengatakan, dari grand final ini akan dipilih tiga pemenang yakni Miss Jakarta Fair 2009, Miss Fotogenik, dan MIss Favorit.

"Para pemenang dipilih oleh dewan juri setelah dilakukan beberapa penilaian yakni penampilan dan wawasan," kata Bayu Pratomo.

Dijelaskannya, pada malam grand final para finalis akan memperagakan empat macam busana di atas "cat walk" meliputi busana saat menjaga stand, busana sport dari sponsor Ligue, busana batik rancangan Guruh Soekarno Putra (GSP), serta busana malam.

Para finalis juga akan diberikan beberapa pertanyaan oleh dewan juri yakni dari manajemen pengelola PRJ, finalis Putri Indonesia 2009, serta perwakilan dari sponsor Mustika Ratu.

Dikatakannya, finalis yang tampil terbaik dan menjawab semua pertanyaan dengan argumentasi paling tepat akan terpilih sebagai Miss Jakarta Fair. Finalis yang tampil terbaik dan lebih cantik penampilan pada foto akan terpilih sebagai Miss Fotogenik serta finalis yang tampil terbaik dan paling banyak mendapat sambutan dari penonton akan terpilih sebagai Miss Favorit.

"Semua penilaian dan penentuan pemenang akan dilakukan oleh dewan juri," katanya.

Ke-10 finalis yang akan tampil pada grand final Sabtu malam yakni Anitha Tritanti, Brenda Hayatulhaya, Era Lolita, Eviliana, Josephine Jesslyn, Nova Kurniawati, Fenny Oktora, Siao Hwa, Nova Senja Dwiputri, dan Veronica Y Prawitasari.

Dikatakan Bayu, puncak cara pemilihan ratu PRJ ini juga akan dimeriahkan peragaam busana dari beberapa model yang menampilkan busana batik rancangan Guruh Soekarnoputra.

Menurut dia, penyelenggaraan MJFK ini baru pertama kali diselenggarakan, tujuannya untuk memberikan apresiasi kepada para SPG yang menjadi penjaga stand peserta PRJ selama diselenggarakannya PRJ sekaligus untuk memotivasi remaja putri untuk menjadi SPG yang berkualitas.

Seleksi peserta MJFK, kata dia, dilakukan dalam dua tahap yakni seleksi awal yang diikuti puluhan SGP dan kemudian dipilih menjadi 30 peserta. Dari jumlah tersebut diseleksi lagi pada Selasa (30/6) menjadi 10 peserta finalis.

Salah seorang finalis, Eviliana mengatakan, ia mengikuti MJFK karena ingin menjadi ratu PRJ.

"Agar bisa memenangkan lomba ini, saya mencari tahu berbagai informasi soal PRJ dan pengetahuan umum," kata mahasiswa sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta Barat ini.(*)


Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009