Jakarta (ANTARA) - Bundesliga Jerman bisa memulai kembali musim kompetisi mulai paruh kedua bulan Mei menyusul antisipasi pandemi virus corona, demikian Kanselir Angela Merkel pada Rabu.

Keputusan dari Merkel tersebut telah ditunggu banyak pihak sebagai salah satu cara pemerintah setempat Jerman dalam melonggarkan aturan lockdown karena krisis kesehatan global.

"Pertandingan akan diizinkan di bawah peraturan yang disepakati," kata Merkel dalam jumpa pers di Berlin, seperti dikutip AFP, Rabu.

Baca juga: Menteri Jerman dukung liga dilanjutkan

Pernyataan Merkel itu mengacu kepada rencana DFL untuk melanjutkan Bundesliga di stadion tertutup tanpa penonton dan juga tes reguler untuk para pemain.

Sementara itu sumber dari Reuters juga menyatakan jika pemerintah dan negara bagian federal menyepakati keputusan untuk memberi lampu hijau kepada divisi 2 liga Jerman untuk memulai lagi bertanding.

"Kita berada di titik di mana tujuan kami untuk memperlambat penyebaran virus telah tercapai dan kita telah mampu melindungi sistem kesehatan kita... jadi memungkinkan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah pelonggaran ke depan," kata Merkel.

Status lockdown diterapkan di Jerman sejak Maret untuk memperlambat penyebaran virus yang tingkat reproduksinya telah menurun selama beberapa hari terakhir. Merkel mengatakan jika angkanya di bawah satu, yang berarti satu orang yang memiliki virus corona menulari kurang dari satu orang lainnya secara rata-rata.

Baca juga: Seluruh negara bagian di Jerman bakal bolehkan lagi laga sepak bola

Di bawah keputusan yang disepakati oleh pemimpin 16 negara bagian federal, masyarakat dari dua rumah yang berbeda diperbolehkan bertemu, toko-toko kembali dibuka, dengan syarat mereka tetap menerapkan protokol kebersihan.

Akan tetapi mereka masih harus menjaga jarak sejauh 1,5 meter dan tetap menggunakan masker mulut dan hidung di transportasi publik.

Rencana Merkel bukan berarti tanpa "fail-safe" jika mengalami kegagalan, sehingga pembatasan akan diberlakukan kembali jika suatu area mendapati jumlah infeksi baru lebih dari 50 per 100.000 orang dalam tujuh hari.

"Sekarang kita menghadapi fase di mana akan ada lebih banyak kontak dari pada kasus sekarang."

"Kita mengikuti langkah yang berani," kata Merkel. "Kita bisa lebih berani tapi kita harus tetap waspada."

Baca juga: Liga Jerman temukan 10 kasus positif corona di dua divisi teratas
Baca juga: Dua anggota skuat Gladbach dilaporkan positif COVID-19
Baca juga: Tiga orang di klub Cologne dinyatakan positif COVID-19

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020