Tambahan empat kasus positif di Balikpapan berasal dari klaster Magetan dan transmisi lokal
Samarinda (ANTARA) - Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur bertambah empat kasus dan menjadikan jumlahnya mencapai 118 kasus berdasarkan pembaruan Dinas Kesehatan wilayah setempat, Minggu.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kaltim, Andi Muhammad Ishak mengatakan penambahan kasus positif tersebut berasal dari wilayah Kota Balikpapan.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Kaltim 31 orang

"Tambahan empat kasus positif di Balikpapan berasal dari klaster Magetan dan transmisi lokal yakni penularan karena kontak dengan positif COVID-19 sebelumnya," kata Andi Muhammad Ishak menyampaikan rilis harian melalui aplikasi zoom, Minggu.

Ia membeberkan empat kasus baru di Balikpapan tersebut yakni BPN 40, laki-laki 17 tahun dan BPN 41 laki laki 17 tahun merupakan pelaku perjalanan dari Magetan.

"Dua pasein ini menjalani karantina di Villa Silva, sejak tanggal 5 Mei 2020 dan saat ini tengah dirawat di RSUD Kanudjoso, Balikpapan," jelasnya.

Baca juga: Tambah lima, kasus positif COVID-19 Kaltim bertambah 214 kasus

Penambahan kasus lainnya yakni BPN 42 (laki-laki 41 tahun) merupakan kontak erat BPN 36 dan BPN 37, pasien telah dirawat di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo sejak 4 Mei 2020 dengan gambaran Bronchopneumonia dan hasil tes cepat reaktif.

Sedangkan BPN 43 (wanita 62 tahun) merupakan kontak erat BPN 35 yang telah meninggal dunia.

Baca juga: Bertambah 27 kasus positif COVID-19 Kaltim jadi 209

"Pasien ini melakukan isolasi diri di rumah dan hari ini akan dirawat di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo," imbuh Andi Ishak.

Pada kesempatan itu, Andi Ishak juga mengabarkan tiga orang kasus positif COVID- 19 yang sudah dinyatakan sembuh yakni berasal dari Panajam Paser Utara sebanyak dua orang, dan satu orang lainnya berada di Kota Samarinda.

"Hingga saat ini jumlah kasus positif COVID-19 sebanyak 118 kasus, sebanyak 182 orang masih menjalani perawatan medis, sebanyak 34 orang dinyatakan sembuh dan dua orang telah meninggal dunia," jelasnya.

Baca juga: Tambah lima kasus, positif COVID-19 Kaltim menjadi 167 kasus

Pewarta: Arumanto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020