doa bersama untuk keselamatan umat Islam
Jakarta (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengajak umat Islam untuk menyemarakkan malam kemenangan setelah sebulan berpuasa dengan menyaksikan Muhasabah Akbar.

"Kita ingin mengajak semua elemen masyarakat memanfaatkan momentum akhir menyambut hari kemenangan dengan wujud syukur melalui Muhasabah Akbar dan doa bersama untuk keselamatan umat Islam dan seluruh bangsa Indonesia," kata Direktur Komunikasi ACT Lukman Azis melalui1 siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan sama halnya dengan Ramadhan, umat Islam di seluruh dunia, termasuk Indonesia, juga menyambut Idul Fitri tahun ini dalam kondisi pandemi.

Baca juga: ACT Sumsel fokus salurkan bantuan paket pangan untuk prasejahtera
Baca juga: DMII-ACT edukasi masyarakat lewat Mobile COVID-19 Education


Sementara itu, larangan mudik dan perubahan hari libur Lebaran ditetapkan pemerintah demi menekan peningkatan jumlah kasus positif wabah COVID-19.

Oleh karena itu, untuk tetap menyemarakkan malam kemenangan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengajak publik untuk menyaksikan Muhasabah Akbar.

Dengan tetap memperhatikan kaidah pembatasan jarak sosial, acara akan berlangsung secara daring pada Sabtu, mulai dari pukul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Muhasabah Akbar akan dihadiri oleh beberapa pendakwah yang akan mengisi kajian. Mereka antara lain Ustaz Amir Faishol Fath, Ustaz Hilman, Syeikh Ali Jaber dan Mamah Dedeh.

Selain itu, 12 qari internasional juga akan turut melantunkan ayat-ayat Alquran di acara tersebut.

Baca juga: ACT DIY serukan umat Islam bantu penyediaan pangan dengan berzakat
Baca juga: Global Zakat-ACT bantu guru honorer dan ustad terdampak pandemi corona


Melalui segmen Humanity Talks, para relawan akan membagi pengalaman mereka selama berkecimpung di dunia kemanusiaan. Humanity Talks juga akan diramaikan oleh Din Syamsudin dan Anies Baswedan.

Selain itu ada juga laporan langsung dari aksi-aksi kemanusiaan ACT pada malam takbiran.

Lukman menjelaskan selain untuk muhasabah diri, acara itu juga bertujuan untuk menggalang kepedulian terhadap sesama.

Kepedulian digalang melalui program Sahabat Usaha Mikro Indonesia (UMI) dan untuk membantu warga di Palestina.

Bagi masyarakat yang berminat mengikuti Muhasabah Akbar tersebut dapat melakukan registrasi melalui tautan https://bit.ly/muhasabahakbar1441H.

Baca juga: ACT ajak umat muslim berzakat lebih awal
Baca juga: Sekar PT Telkom berikan bantuan peduli COVID-19 untuk ACT Sulsel
Baca juga: ACT dan TNI AL siap distribusikan enam ton beras

Pewarta: Katriana
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020