ACT Lampung bantu warga Tulangbawang dengan buka dapur umum

ACT Lampung bantu warga Tulangbawang dengan buka dapur umum

Kepala Program ACT Lampung Regina Locita, saat memberikan bantuan bagi warga terdampak puting beliung, Sabtu. (23/5/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - ACT Lampung terus bergerak membantu warga terdampak angin puting beliung di Kecamatan Banjar Margo dan Banjar Agung Kabupaten Tulangbawang dengan menghadirkan dapur umum bersama Gerakan Pramuka, Komunitas Mata Kaman dan Janis.

"Nantinya makanan yang disiapkan oleh tim akan diperuntukkan bagi relawan dan dapat dinikmati warga terdampak bencana di sana," kata Kepala Program ACT Lampung Regina Locita, dalam keterangannya di Bandarlampung, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa dapur umum tersebut akan mensuplai kebutuhan makanan untuk relawan yang berjibaku membersihkan puing-puing bangunan maupun berkeliling memenuhi kebutuhan warga terdampak bencana angin puting beliung.

Baca juga: Dua orang meninggal akibat puting beliung di Tulangbawang

Selain itu, pihaknya pun membagikan 35 paket sembako berupa beras, minyak goreng, gula putih dan kue kaleng di Desa Tri Tunggal Jaya dan Dwi Warga Tunggal Jaya.

"Kita juga memastikan penyaluran bantuan akan diberikan langsung dari pintu ke pintu kepada setiap warga yang memang berhak mendapatkannya akibat di bencana puting beliung." jelasnya.

Kemudian, penyaluran bantuan juga diperuntukkan bagi guru yang turut terdampak angin puting beliung, bahan pokok sudah diserahkan kepada 5 guru di Desa Dwi Warga Tunggal Jaya melalui program Sahabat Guru Indonesia (SGI).

Menurutnya, bantuan sangat dibutuhkan bagi warga terdampak mengingat sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah dan sedang dalam kondisi pandemi COVID-19.

"Bisa kita bayangkan betapa duka menyelimuti mereka saat hari raya dengan kondisi rumah hancur dan minimnya ketersediaan bahan pokok, Alhamdulillah bantuan bahan pokok sudah kami salurkan untuk membersamai dan mencukupi kebutuhan makanan," kata dia.

Baca juga: Bupati Tulangbawang tinjau lokasi bencana puting beliung
Pewarta : Dian Hadiyatna
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020