Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memberikan insentif bagi petugas yang bekerja di Rumah Sehat Jakabaring Palembang karena peran serta mereka dalam merawat pasien tanpa lelah.

Sebagai bentuk apresiasi, Pemerintah Provinsi Sumsel memberikan insentif kepada petugas yang terlibat dalam penanganan COVID 19 di Rumah Sehat Jakabaring Palembang, kata Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya di Palembang, Rabu.

"Jadi, baik tenaga medis, relawan maupun petugas pengamanan yang bekerja di Rumah Sehat Jakabaring Palembang mendapatkan bantuan," kata Mawardi.

Baca juga: Gugus Tugas: Satu jurnalis di Palembang-Sumsel positif COVID-19

Baca juga: COVID-19 sudah menyebar di semua kabupaten/kota di Sumsel


Selain insentif, Pemprov juga sudah memenuhi semua kebutuhan tenaga medis dalam upaya penanganan pasien, baik Orang Dalam Pemantauan (ODP) atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

"Ya, ini sebagai bentuk kepedulian kepada petugas yang terlibat, baik yang bertugas di ODP Center maupun PDP Center. Insentif ini diterima setiap bulan," ujar dia.

Dia mengatakan penerima insentif tersebut bukan hanya dokter dan perawat, namun juga yang terlibat dalam penanganan COVID 19. "Relawan, TNI dan Polri juga dapat. Ini sebagai bentuk kepedulian. Mereka berjaga 24 jam dalam upaya penanganan COVID 19," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Tim Satgas Unit Rumah Sehat COVID -19, Aufa menambahkan hingga saat ini tercatat ada 53 orang pasien ODP yang ditangani tenaga medis di Wisma Atlet tersebut.

Menurut dia, selain sebagai ODP Center, untuk mempercepat penanganan pasien PDP ringan , Wisma Atlet juga telah dijadikan sebagai PDP Center yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas kesehatan standar serta tenaga medis yang profesional di bidangnya.

"Sampai saat ini 61 orang PDP rujukan dari berbagai rumah sakit dari kabupaten dan kota telah mendapatkan pelayanan sesuai dengan prosedur dan standard pelayanan kesehatan sama halnya yang dilakukan di rumah sakit umumnya," katanya.

Baca juga: Putus penularan COVID-19, warga Sumsel diajak terus gunakan masker

Baca juga: Kontak kasus positif COVID-19 di Sumsel mulai sulit terlacak


Sementara salah seorang petugas tenaga medis Riyan mengatakan ia bersyukur dan terima kasih kepada gubernur dan wakil gubernur atas perhatian dan kepeduliannya kepada enaga medis dengan memberikan insentif yang sangat bermanfaat.

"Alhamdulillah, selain insentif, pemerintah juga sangat peduli terhadap keselamatan para tim medis dan petugas 'cleaning service'. Hal ini dibuktikan dengan kelengkapan APD yg selalu tersedia, sehingga membuat kami semakin semangat dan percaya diri dalam melaksanakan tugas kemanusiaan ini," kata dia.

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020