Ambon (ANTARA) - Musisi kota Ambon ikut berpartisipasi dalam program Feta de La Musique 2020 sebagai bentuk partisipasi kota musik dunia.

"Ambon akan berpartisipasi dalam program Fete de la musique yang akan dikirimkan dalam bentuk video pertunjukan ke Katowice Polandia," ujar Direktur Ambon Music Office (AMO) Ronny Loppies mengatakan, di Ambon pada Senin.

Penyebaran virus corona di seluruh dunia membuat program ini yang semula akan dilaksanakan di Paris, berubah dilakukan melalui jaringan internet dengan mengirimkan video pertunjukan.

"Ambon berpartisipasi dengan menyiapkan video pertunjukan selama 30-45 menit dan akan dikirimkan ke Katowice Polandia pada 10 Juni 2020, " katanya.

Ia mengatakan, para musisi yang terlibat dalam video pertunjukan yakni "Kaihulu", band musikmusik bergenre reggae yang dipengaruhi musik tradisional Ambonesse.

"Mereka akan menampilkan lagu asli yang menggunakan bahasa asli Maluku yang saat ini sudah terancam punah, " ujarnya.

Band Kaihulu juga akan berkolaborasi dengan Jonas Silooy studio musik dan tari tradisional dari sanggar Booyratan.

"Musisi yang terlibat sebagian merupakan musisi muda yang akan tampil tanpa penonton karena situasi masa pandemi COVID-19, " ujarnya.

Ronny menjelaskan, sedikitnya tujuh lagu ditampilkan dalam video pertunjukan diantaranya lagu "Hena Masa Waya", "Satu Parau" (AB lagu), "Batu Badaong", "Biarkan Damai Selalu Ada di Maluku", "Syalom Asalamualaikum", "Panggayo" dan "We Are Musician".

"Pengambilan video pertunjukan dilakukan di pantai Latuhalat, " tandasnya.

Baca juga: Menparekraf kenang Glenn Fredly dan impiannya untuk Kota Ambon

Baca juga: Ambon-Bandung jajaki menjadi kota kembar musik

Baca juga: Ekosistem industri musik perlu dibangun di setiap kota

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020