penerima manfaat program BPNT yang saldonya kosong untuk periode bulan April dan Mei 2020
Kudus (ANTARA) - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menemukan 422 penerima bantuan pemerintah non tunai (BPNT) untuk periode April dan Mei 2020 tidak ada saldonya alias kosong.

"Jumlah penerima manfaat program BPNT yang saldonya kosong untuk periode bulan April dan Mei 2020 bervariasi," kata Kabid Pemberdayaan Kelembagaan Sosial dan Keluarga Miskin Dinas Sosial P3AP2 KB Kudus Arini Budi Utami di Kudus, Senin.

Untuk bulan April 2020 tercatat sebanyak 214 penerima, sedangkan April 2020 sebanyak 208 penerima.

Kasus tersebut, kata dia, sebetulnya merupakan kasus nasional karena hampir terjadi di sejumlah daerah di Tanah Air.

Baca juga: 1,042 juta keluarga di Jatim akan terima BPNT

Baca juga: Mensos sebut BPNT berkontribusi kurangi angka kemiskinan


Dinsos Kudus sendiri sudah menindaklanjutinya dengan melaporkan temuan tersebut kepada Kementerian Sosial.

Ia mengakui kejadian tersebut berawal dari laporan penerima manfaat karena saat hendak berbelanja di warung elektronik (e-warung), ternyata saldo di rekening atas nama penerima tidak ada alias kosong.

"Ternyata ketika laporan serupa juga dialami penerima manfaat yang lain sehingga totalnya ada 422 penerima manfaat yang mengalami kasus saldonya kosong," ujarnya.

Dari 422 penerima manfaat tersebut, kata dia, sebagian ada yang mengalami kasus serupa selama dua periode, yakni April dan Mei 2020.

Sementara itu, Pelaksana tugas Bupati Kudus M. Hartopo mengakui belum menerima laporan tersebut.

"Seharusnya, organisasi perangkat daerah (OPD) terkait berkoordinasi dengan BNI karena sebagai mitra pemerintah yang menyalurkan BPNT," ujarnya.

Jumlah penerima program BPNT di Kabupaten Kudus tercatat sebanyak 20.605 penerima dan ada penambahan sebanyak 38.910 penerima sehingga total sebanyak 59.515 penerima manfaat yang tersebar di sembilan kecamatan. 

Baca juga: Wagub Jatim pastikan penyaluran BPNT untuk KPM terdampak COVID-19

Baca juga: Penerima BPNT bisa beli ikan, ayam dan kacang-kacangan pada 2020

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020