246 positif COVID-19 dari hasil tes swab massal di Pasar Raya Padang

246 positif COVID-19 dari hasil tes swab massal di Pasar Raya Padang

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Sumbar Andree H Algamar.(FOTO ANTARA/Laila Syafarud)

Padang (ANTARA) - Dinas Perdagangan Kota Padang menyebutkan terdapat sebanyak 246 orang yang terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (COVID-19) dari 2.628 orang yang sudah melakukan tes swab (usap) massal di Pasar Raya Padang, Sumatera Barat beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Andree H Algamar, di Padang, Selasa mengatakan berdasarkan hasil tes swab yang sudah dilakukan di Pasar Raya Padang hampir 80 persen dinyatakan negatif COVID-19.

"Bahkan, 50 persen pasien positif COVID-19 dari klaster Pasar Raya Padang dinyatakan sembuh dan pulang ke rumah masing-masing karena sudah selesai dikarantina," katanya.

Kemudian ia juga menyebutkan sampai saat ini terdapat 1.038 pedagang yang mengikuti tes dari 2.628 orang yang telah melakukan tes swab massal di Pasar Raya Padang.

"Dari hasil tersebut terdapat 80 pedagang terkonfimasi positif dan 45 orang lainnya dinyatakan sembuh," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan berdasarkan hasil tes swab massal tersebut, sampai saat ini kasus positif COVID-19 mengalami penurunan. Kemudian kasus yang sembuh dari COVID-19 terus meningkat.

"Dari sekitar 4.000 toko di Pasar Raya Padang, hampir 1.500 surat keterangan untuk syarat berdagang sudah kami berikan, salah satu syaratnya yaitu telah mengikuti tes swab," kata dia.

Selain itu, Ia mengatakan pihaknya juga telah menempelkan stiker di setiap kios para pedagang yang telah melakukan tes swab.

"Dari 12 klaster di Padang, yang tinggal hanya klaster Pasar Raya. Kemudian di Pasar Banda Buek kasus positif COVID-19 juga sudah berkurang. Dari 80 orang yang melakukan tes swab hanya empat orang yang positif, bahkan sudah mulai sembuh," kata Andree H Algamar.

Sebelumnya, Dinas Perdagangan Kota Padang kembali melakukan tes swab tenggorokan dan hidung pada setiap pedagang dan pengunjung yang pernah beraktivitas di Pasar Raya Padang saat hari pertama penerapan masa transisi menjelang diberlakukan tatanan normal baru di Padang, Sumatera Barat, Senin (15/6).

"Benar, selain pedagang, tes swab ini juga terbuka untuk seluruh masyarakat Kota Padang yang pernah berkunjung ke Pasar Raya," kata Wakil Koordinator Lapangan tes swab Pasar Raya Padang Jasmul.

Ia menambahkan tes swab tersebut dilakukan hingga lima hari ke depan secara gratis yang merupakan kerja sama antara Dinas Kesehatan dan Dinas Perdagangan Kota Padang.

"Untuk pengambilan sampel spesimen saat ini kami melakukannya di lantai dasar Mall Pelayanan Publik MPP di Blok III agar lebih mudah terjangkau masyarakat. Kalau sebelumnya memang dilakukan di lantai atas," katanya.

Ia mengatakan pemeriksaan tes swab di Pasar Raya ini merupakan yang ketiga kalinya dan berharap setelah dilakukan pemeriksaan tersebut dapat memutus mata rantai penyebaran pandemi COVID-19.

"Target kita untuk pemeriksaan kali ini memang sebanyak-banyaknya. Dengan demikian kita juga cepat menemukan hasilnya," demikian Jasmul.

Baca juga: Pasar menjadi tempat penularan virus corona di Padang

Baca juga: 17 kasus positif COVID-19 ditemukan di Pasar Raya Padang

Baca juga: Ada 12 tambahan, warga Sumbar positif COVID-19 capai 408 orang

Baca juga: Satpol PP dirikan dua pos pemantauan di Pasar Raya Padang saat PSBB
Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020