Jakarta (ANTARA) - Sebagian bangunan termasuk mal dan perkantoran dibuka kembali setelah ditutup karena pandemi COVID-19. Pakar kesehatan menyarankan Anda tetap melakukan pencegahan diri dari risiko terkena COVID-19 saat memanfaatkan fasilitas di sana termasuk lift dan eskalator.

"Risiko terkena virus corona di dalam naik lift rendah. Namun, terus mengambil tindakan pencegahan saat naik di lift. Selalu memakai masker," kata Dr. Simone Wildes, spesialis penyakit menular di South Shore Health, seperti dilansir Medical Daily.

Selain masker, sebaiknya jangan berlama-lama di lift demi menurunkan kemungkinan tertular virus, kata Dr. Todd Ellerin, direktur penyakit menular di South Shore Health di Weymouth, Massachusetts.

Pihak pengelola gedung juga sebaiknya membatasi jumlah orang yang menggunakan lift. Apa ini artinya naik tangga lebih lebih baik?

Jawabannya mungkin beragam. Misalnya, orang yang perlu pergi ke area lantai yang lebih tinggi akan lebih baik menggunakan lift. Tetapi jika tempat tujuan hanya beberapa lantai naik (atau turun), naik tangga mungkin lebih baik. Cara ini tidak hanya mencegah seseorang dari kemungkinan terinfeksi, tetapi juga membuatnya kehilangan beberapa kilogram.

Pada Maret lalu, di Seoul Korea Selatan, virus corona menyebar di antara karyawan yang bekerja di lantai yang sama. Namun, virus tidak menyebar secara vertikal atau di lantai lain.

Risiko kemungkinan tertular dan menyebarkan virus saat naik lift rendah. Namun, tetap saja orang-orang perlu mempraktikkan tindakan yang direkomendasikan termasuk menjaga jarak sosial dan memakai masker, serta menahan diri dari menyentuh permukaan yang sering disentuh orang lain.




Baca juga: "New normal", akankah ada robot di restoran & hotel di Indonesia?

Baca juga: Pastikan keamanan di normal baru, tiket.com hadirkan fitur tiket CLEAN

Baca juga: Cara berkendara motor aman di era "new normal"

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020