Musi Rawas, Sumsel (ANTARA News) - Kursi Partai Demokrat dan Partai Bulan Bintang (PBB) yang ada di DPRD Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatra Selatan bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN), untuk membentuk satu fraksi di DPRD setempat.

"Dengan bergabungnya dua anggota dari Partai Demokrat dan satu kursi dari PBB, maka anggota fraksi PAN berjumlah delapan orang anggota DPRD, karena PAN sendiri sudah memiliki lima kursi," kata anggota DPRD Musi Rawas dari Partai Demokrat, Muhammad Ruslan, Senin.

Dijelaskan Ruslan, pihaknya bergabung ke fraksi PAN untuk membentuk satu fraksi sendiri, karena Partai Demokrat hanya memiliki dua kursi, sedangkan untuk bisa membentuk fraksi penuh dibutuhkan minimal empat kursi.

Dipilihnya fraksi PAN kata dia, karena sebelumnya sudah terbina hubungan yang baik antara partai PAN dengan Partai Demokrat, dan sudah terjalin hubungan emosional yang baik. Kendati sebelumnya ada sejumlah tawaran dari parpol lainnya yang mengajak bergabung, namun mereka tolak.

Sementara itu juru bicara partai PAN di DPRD Musi Rawas, Muhammad Soleh menuturkan, pihaknya menarik dua anggota dari partai Demokrat dan satu dari PBB, karena persamaan visi dan misi.

"Demokrat, PBB dan PAN memiliki kesamaan visi dan misi, sehingga kita ajak bergabung ke PAN, dan secara personal ketiganya bisa masuk ke lingkungan PAN," urainya.

Bergabungnya Partai Demokrat dan PBB untuk membentuk satu fraksi dengan PAN saat ini sudah final, dan sudah disepakati secara bersama dan tinggal pengesahan dalam rapat paripurna DPRD setempat, tambahnya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009