Ambon (ANTARA News) - Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu mencanangkan Kota Ambon sebagai "kota musik" di Indonesia bertepatan dengan pelaksanaan event Ambon Jazz Plus Festival 2009.

"Bertepatan dengan penyelenggaraan AJPF 2009, saya canangkan Ambon sebagai Kota musik Indonesia," kata Ralahalu.

Pencanangan tersebut dilakukan saat menggelar "Welcome Party" di kediamannya di Mangga Dua, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon kepada para artis dan musisi dalam dan luar negeri dari berbagai gendre yang hadir untuk "manggung" bersama di AJPF, Kamis malam.

"Dengan pencanangan Ambon sebagai kota musik Indonesia, maka di masa mendatang terbuka peluang bagi siapa saja untuk merekam albumnya di Ambon," ujarnya.

Welcome Party, tersebut berlangsung santai dan dihadiri puluhan artis dan musisi yang telah tiba di Ambon diantaranya Michael Sembelllo (USA), Wilkins Ramirez ( Puerto Rico/USA), grup band "Massada" (Belanda), grup R&B Soul ID.

Sambutan welcome party berlangsung singkat itu dilanjutkan makan malam bersama Ralahalu yang saat itu tampil santai dan berbeda dari kesehariannya dengan mengenakan kemeja lengan pendek kotak biru, bersama para musisi.

"Ambon sekarang semakin kondusif untuk menggelar berbagai event berskala nasional maupun internasional. Silahkan para musisi menikmati suasana Ambon dengan keramahanan masyarakatnya dan semoga AJPF berlangsung sukses," ujarnya.

Musisi Jazz ternama Michael Sembello Wilkins Ramires, didakwa untuk bernyanyi untuk menghibur para musisi yang hadir dengan iringan permainan orgen music direktor mereka, Gomes.

Gubernur Ralahalu, bahkan secara langsung meminta keduanya untuk menyanyikan lagu Ambon "Panggayo" yang merupakan hasil kolaborasi mereka bersama musisi asal Maluku Andy Erik Manuhuttu dan albumnya berjudul Panggayo dirilis tahun 1983 lalu.

Untuk menyanyikan lagu kolaborasi dalam tiga bahasa itu (Inggris, Ambon, Portugis) Ramirez kemudian memanggil Andy Manuhutu yang telah menjadi murid angkatnya bersama Sembello untuk bernyanyi bersama dan disambut tepuk tangan meriah para musisi yang hadir.

Gubernur bersama para tamu bahkan turut bergoyang mengikuti alunan lagu yang dilantunkan dengan suara merdu ketiganya.980

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009