Ada 62 titik destinasi wisata yang akan direkomendasikan beroperasi. Semuanya sudah kami cek ke lokasi.
Purwakarta (ANTARA) - Puluhan tempat wisata di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, akan beroperasi kembali saat penerapan new normal atau adaptasi kebiasaan baru.

"Kami akan merekomendasikan tempat-tempat wisata untuk mulai beroperasi kembali selama adaptasi kebiasaan baru," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika di Purwakarta, Kamis.

Ia meminta jajaran Dinas Pariwisata dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Purwakarta untuk melakukan survei ke seluruh tempat wisata di Purwakarta.

"Ada 62 titik destinasi wisata yang akan direkomendasikan beroperasi. Semuanya sudah kami cek ke lokasi," katanya.

Baca juga: Wisatawan ke Yogyakarta wajib unduh aplikasi ini

Bupati yang biasa disapa Ambu Anne mengimbau pengelola tempat wisata di Purwakarta melakukan persiapan terkait protokol kesehatan yang harus dijalankan.

"Jadi, sudah dicek ke 62 tempat wisata ini untuk diberikan rekomendasi beroperasi. Nanti setelah 26 Juni 2020 semua tempat wisata ini boleh beroperasi kembali, kecuali wisata air," kata dia.

Baca juga: Terapkan protokol kesehatan, wisata Pulau Saronde dibuka lagi

Terkait dengan wisata air yang rekomendasinya belum dikeluarkan, karena pihaknya masih menunggu kajian dari Dinas Kesehatan apakah wisata air itu beresiko besar terhadap penularan virus COVID-19 atau tidak.

"Wisata air ini kan banyak, ada kolam renang, sungai, air terjun dan lain sebagainya. Kita sedang melakukan kajian supaya nanti tidak merugikan kita semua," kata Ambu Anne.

Selain itu, wahana bermain anak juga sama, rekomendasi beroperasinya belum dikeluarkan selama penerapan adaptasi kebiasaan baru. 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020