Polda Metro: Angka kecelakaan naik tapi tingkat fatalitas turun

Polda Metro: Angka kecelakaan naik tapi tingkat fatalitas turun

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. ANTARA/Fianda Rassat/am.

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengatakan angka fatalitas atau kematian akibat kecelakaan lalu lintas menurun meski angka kecelakaan mengalami peningkatan.

"Dari tingkat fatalitas angka kecelakaan terjadi penurunan. Jadi walapun jumlah banyak tapi tingkat fatalitas menurun," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Mako Polda Metro Jaya, Rabu.

Baca juga: Polda Metro Jaya tunda aktivasi ganjil genap demi protokol kesehatan

Sambodo mengatakan salah satu penyebab kenaikan tingkat kecelakaan adalah tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap kepolisian sehingga banyak yang melaporkan kecelakaan lalu lintas.

Dia juga mengatakan banyak dari kecelakaan tersebut hanya menyebabkan kerugian materi dan tetap dilaporkan kepada pihak kepolisian.

Baca juga: Sebelas WN Nigeria serang polisi terancam pidana penganiayaan

"Dari sisi kuantitas mungkin ada meningkat tapi lebih banyak kecelakaan materi artinya yang selama ini mungkin mereka tidak terdata dan tidak melaporkan, dengan adanya kepercayaan, masyarakat melaporkan kecelakaan," ujarnya.

Dengan banyaknya laporan tersebut, maka laporan angka kecelakaan tentu akan meningkat meski tidak menimbulkan korban jiwa.

Baca juga: Polda Metro bagikan 2.300 paket sembako rayakan Hari Bhayangkara ke-74

"Walaupun banyak terjadi kecelakaan sifat materi tentu angka kecelakaan meningkat," pungkasnya.
Pewarta : Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020