Masyarakat Tanpa Riba bangun fasilitas air minum gratis

Masyarakat Tanpa Riba bangun fasilitas air minum gratis

Kegiatan seremonial Masyarakat Tanpa Riba meresmikan fasilitas air isi ulang gratis di Jakarta Timur, Jumat (3/7/2020). ANTARA/HO-Masyarakat Tanpa Riba

Jakarta (ANTARA) - Komunitas Masyarakat Tanpa Riba (MTR) membangun fasilitas air minum isi ulang gratis kepada masyarakat di Jakarta Timur.

"Air, semestinya tidak untuk dikomersilkan. Aksi kami untuk sedekah umat agar air bisa bermanfaat untuk masyarakat. Ini fasilitas isi ulang air minum pertama," kata Penggiat MTR Haerul Ikhwan dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan fasilitas air minum itu rencananya akan dibangun di setiap kelurahan. Dalam waktu dekat MTR akan membangun fasilitas air di Cipete, Jatibening, Sentiong dan Ciawi.

Baca juga: ACT produksi air kemasan gratis
Baca juga: Petani Sigi mulai nikmati manfaat sumur pertanian bantuan ACT


Menurut dia, masyarakat di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini tidak hanya membutuhkan bantuan makanan tetapi juga air minum.

Haerul mengatakan fasilitas isi ulang air minum bisa menghasilkan hingga seribu galon air. Air yang disedekahkan juga sudah lulus uji laboratorium Sucofindo.

"Sumber air dari tanah, kualitas sangat bagus dan layak minum," kata dia.

Dia berharap pembangunan fasilitas isi ulang air minum dari komunitas MTR bisa mengurangi pengeluaran umat dalam memenuhi kebutuhan air minum.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengapresiasi pembangunan fasilitas isi ulang air minum komunitas MTR.  "Ini sangat bagus, kegiatan mulia ini bisa menjadi contoh," ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi II Fraksi PKS Mardani Ali Sera mengatakan saat pandemi kegiatan beramal harus terus dipromosikan. Pembangunan fasilitas isi ulang air minum oleh komunitas MTR dapat menjadi contoh bagi pihak lain.

"Beramal itu kapanpun dan bentuknya apapun. Ini contoh baik, mereka sudah bekerja untuk masyarakat Indonesia," kata dia.

Baca juga: ACT-Global Waqaf luncurkan lumbung air minum wakaf gratis
Baca juga: ACT gencar bangun sumur wakaf hadapi kemarau di DIY
Pewarta : Anom Prihantoro
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020