Tujuannya meningkatkan konsumsi ikan agar masyarakat lebih cerdas dan pintar
Banyumas (ANTARA) - Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDIP) Sunarna mendorong masyarakat gemar makan ikan karena mengandung banyak gizi yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan.

"Kenapa orang Jepang cerdas-cerdas? Itu karena konsumsi ikannya tinggi sehingga mereka cerdas-cerdas," katanya saat memberi sambutan dalam acara Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Desa Piasa Kulon, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu.

Oleh karena itu, kata dia, masyarakat Indonesia terutama anak-anak juga akan cerdas dan jika makan ikannya lebih banyak.

"Apalagi produksi ikan di Indonesia luar biasa. Seperti di sini dekat dengan pantai selatan dan pantai utara yang produksi ikannya cukup banyak," kata dia yang berasal dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah VIII (Banyumas dan Cilacap).

Baca juga: Menteri Edhy ingatkan makan ikan tingkatkan imunitas

Lebih lanjut, dia mengatakan kegiatan Safari Gemarikan tersebut digelar dalam rangka meningkatkan konsumsi terhadap ikan air tawar maupun air laut.

"Tujuannya meningkatkan konsumsi ikan agar masyarakat lebih cerdas dan pintar," kata Sunarna.

Sementara itu Kepala Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan KKP Widya Rusyanto mengatakan pihaknya siap membantu kelompok tani pembudi daya ikan di Kabupaten Banyumas dalam hal pelatihan pengolahan hasil perikanan.

"Kami siap melatih. Kami akan kirim staf saya untuk melatih di sini," katanya.

Baca juga: Perangi COVID-19, KKP ajak pemda penuhi gizi masyarakat dengan ikan



 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020