Program tersebut berjalan selama tiga hari, mulai dari Senin (13/7) hingga Rabu (15/7)
Jakarta (ANTARA) - Sekolah Dasar Negeri (SDN) Rawa Badak Selatan 01 melaksanakan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS)  secara daring untuk peserta didik tahun ajaran 2020/2021.

Kelapa Sekolah SDN Rawa Badak Selatan 01 Walisa Tri Agustiningsih mengatakan program itu dilaksanakan sesuai Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Nomor 467 Tahun 2020 tentang Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/2021.

"Karena masih  Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, program ini kami gelar secara daring melalui aplikasi google meet dan live streaming facebook,” kata Walisa di Jakarta, Senin.

Program tersebut berjalan selama tiga hari, mulai dari Senin (13/7) hingga Rabu (15/7).

Pada hari pertama siswa diperkenalkan dengan guru dan tata cara pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Pada hari ke dua, siswa akan dipertontonkan video profil sekolah dan cerita dongeng langsung dari pendongeng.

Sementara di hari ke tiga, siswa akan mendengarkan pemaparan tata tertib bersekolah mulai dari absensi hingga tata cara jadwal mata pelajaran.

“Tahun ini kami menerima peserta didik baru sesuai kuota yakni 128 siswa. Ada empat rombongan kelas, yang masing-masing diisi sebanyak 32 siswa,” jelas Walisa.

Dia memastikan, seluruh kegiatan sekolah mulai dari kelas satu hingga enam masih dilakukan secara daring atau pembelajaran jarak jauh. Komite sekolah dan koordinator kelas akan berperan aktif demi menyukseskan PJJ tersebut.

“Program ini sebelumnya sudah kami lakukan juga selama tiga bulan saat pandemi virus corona (COVID-19)," ujar Walisa.

Untuk orang tua siswa yang tidak memiliki perangkat telekomunikasi, mereka yang akan menginfokannya secara langsung kepada pihak komite sekolah.

Untuk waktu pelaksanaan pembelajaran, pihak sekolah menyesuaikan dengan kesepakatan orang tua dan guru, sehingga tidak ada yang merasa terbebani.

Pewarta: Fauzi
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020