Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyatakan bahwa pada Sabtu (18/7), sebanyak 555 pasien positif COVID-19 dinyatakan sembuh yang merupakan angka kesembuhan tertinggi jika dibandingkan wilayah lain di Indonesia.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa, tingkat kesembuhan pasien yang dinyatakan positif COVID-19 di 18 kabupaten kota yang ada di Jawa Timur, rata-rata berada di atas 50 persen. Diharapkan, angka kesembuhan bisa terus meningkat.

"Hari ini yang sembuh di Jawa Timur ada 555 orang, ini merupakan yang tertinggi selama pandemi COVID-19 di Jawa Timur," kata Khofifah, usai melakukan rapat evaluasi penanganan COVID-19, di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 capai 43.268 orang dari 84.882 kasus positif

Khofifah menambahkan, selama sepuluh hari terakhir, Provinsi Jawa Timur mencatat angka kesembuhan paling tinggi jika dibandingkan wilayah lainnya. Dirinya mengharapkan, tingkat penyebaran COVID-19 di Jawa Timur, bisa terus ditekan.

Secara keseluruhan, lanjut Khofifah, tercatat ada 8.868 pasien positif COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh atau mencapai 49,17 persen. Sementara untuk pasien terkonfirmasi positif dan sedang menjalani perawatan, tercatat sebanyak 7.816 atau sebesar 43,34 persen.

Sementara untuk jumlah pasien yang meninggal dunia akibat virus Corona di Jawa Timur, mencapai 1.349 orang, atau sebesar 7,48 persen. Khofifah menambahkan, seluruh pihak telah berupaya keras untuk menekan penyebaran COVID-19 di wilayah Jawa Timur.

"Mudah-mudahan, makin hari kita bisa meningkatkan angka kesembuhan, makin hari bisa mengendalikan konfirmasi positif, dan makin hari kita bisa menurunkan angka kematian. Semua, sedang bekerja keras," kata Khofifah.

Baca juga: Tambah dua, total warga Aceh sembuh dari COVID-19 jadi 68 orang

Untuk optimalisasi penanganan COVID-19 di wilayah Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga telah menambah jumlah rumah sakit rujukan, dari sebelumnya sebanyak 99 rumah sakit, menjadi 127 rumah sakit.

"Ini akan memungkinkan terjadinya relaksasi dari beban rumah sakit, karena sudah lebih banyak rumah sakit yang menjadi rujukan. Sehingga, opsi untuk memberikan layanan semakin banyak," kata Khofifah.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Sumut alami penambahan tertinggi
Baca juga: Pasien COVID-19 sembuh di Kulon Progo sebanyak empat orang
Baca juga: 300 pasien COVID-19 sembuh di RSK Dadi Makassar


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020