total ada 9 pasien positif yang dirawat di sejumlah rumah sakit di Kota Magelang
Magelang (ANTARA) - Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Magelang, Jawa Tengah, bertambah 3 orang atau menjadi 9 orang berdasarkan data pada Senin pukul 16.00 WIB.

"Dengan demikian total ada 9 pasien positif yang dirawat di sejumlah rumah sakit di Kota Magelang," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang Majid Rohmawanto di Magelang, Senin.

Ia menuturkan penambahan ini diketahui dari hasil tes usap terhadap kontak erat seorang pasien positif, AL (45) warga Magelang Utara yang sebelumnya sudah dirawat. Tes dilakukan hari Jumat (24/7) dan hasilnya diketahui Senin ini.

Baca juga: Pemkot Magelang tetap waspada gelombang kedua COVID-19

"Kami tes usap terhadap 12 orang yang kontak erat dengan AL. Hasilnya ada tambahan 3 orang positif COVID-19, salah satunya sopir," kata Majid.

Menurut dia, saat ini pihaknya tengah melakukan tes usap lagi terhadap 30 orang tetangga pasien.

Sebelumnya, pihaknya sudah melakukan tes usap terhadap 15 orang kontak erat dan hasilnya suami AL, dua orang anak dan dua keponakan AL terkonfirmasi positif COVID-19.

Baca juga: 138 pasien COVID-19 di Kabupaten Magelang dinyatakan sembuh

Ia menyampaikan satu keluarga asal Kelurahan Kedungsari itu memiliki riwayat perjalanan baru pulang dari mengantar seorang anak ke sebuah pondok pesantren di Kabupaten Demak.

"Pulang dari Demak, Ibu Al (45) terus sakit dibawa ke IGD RSUD Tidar. Gejala batuk, demam dan sesak nafas. Langsung tes PCR, hasilnya positif diketahui Senin (20/7) lalu," katanya.

Jumlah komulatif kasus positif COVID-19 di Kota Magelang sebanyak 39 orang, 9 orang di antaranya menjalani perawatan, 4 orang meninggal dunia, dan sisanya sudah sembuh. 

Baca juga: Kota Magelang berhasil kendalikan kasus COVID-19

Baca juga: Pasien COVID-19 sembuh di Kota Magelang bertambah 2 orang


 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020