Bamsoet minta pemerintah ambil langkah strategis kendalikan COVID-19

Bamsoet minta pemerintah ambil langkah strategis kendalikan COVID-19

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo. ANTARA/HO-Humas MPR RI/am.

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah dan Komite Penanganan COVID-19 yang di pusat maupun daerah mengambil langkah dan strategi yang serius dalam mengendalikan persebaran COVID-19 untuk menekan angka penambahan virus tersebut.

"Dan juga meningkatkan upaya mengajak masyarakat untuk mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan di setiap area publik serta benar-benar menerapkan sanksi tegas bagi pelanggar protokol kesehatan sebagai sanksi disiplin bagi pelanggar mengingat kepedulian masyarakat akan disiplin diri kunci untuk menekan angka penularan COVID-19," kata Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Hal itu dikatakannya terkait total kasus positif COVID-19 di Indonesia per-tanggal 27 Juli yang sudah mencapai 100.303 kasus. Dengan jumlah tersebut, Indonesia menempati urutan 24 sebagai negara dengan kasus COVID-19 terbanyak di dunia.

Bamsoet juga meminta pemerintah bersama Komite Penanganan COVID-19 meningkatkan kemampuan pemeriksaan spesimen terutama di daerah zona merah atau tinggi penyebaran COVID-19.

"Karena semakin banyak spesimen yang diperiksa, maka semakin baik 'positivity rate' sehingga pemerintah bisa dengan cepat menangani kasus-kasus baru," ujarnya.

Politisi Partai Golkar itu meminta pemerintah mempertimbangkan langkah-langkah yang tepat dalam mengatasi lonjakan penyebaran COVID-19, namun menjaga agar sektor sosial ekonomi tetap berjalan karena penanganan COVID-19 harus sejalan dengan penanganan pertumbuhan ekonomi.

Menurut dia, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk tidak menurunkan kinerja dalam menangani pandemi COVID-19 ataupun melonggarkan kebijakan meskipun pada masa transisi kenormalan baru.

"Karena aura krisis kesehatan ini harus tetap digaungkan hingga vaksin tersedia dan bisa digunakan secara efektif," ujarnya.

Dia juga menghimbau masyarakat untuk bersama-sama membantu pemerintah dalam mengendalikan serta menangani pandemi COVID-19 dengan mengontrol diri dan mengingatkan satu sama lain untuk peduli serta disiplin menerapkan protokol pencegahan COVID-19 maupun menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Baca juga: Berjuang lawan Corona, Bamsoet: Pemerintah beri beasiswa dokter muda

Baca juga: Bamsoet salurkan bantuan kesehatan kepada 21 RSUD

Baca juga: MPR gelar konser virtual "Berbagi Kasih Bersama Bimbo lawan Corona"

Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020