Lubukbasung (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan butuh dana miliaran rupiah untuk penanganan permanen jalan amblas di Kelok 10 Pasar Maninjau, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam, Ahad (26/7).

"Total anggaran pasti belum jelas, karena kita sedang mendisain pembangunan permanen dan dana itu kita ajukan ke APBD 2021," kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Sumbar, Dedi Rinaldi di Lubukbasung, Jumat.

Ia menambahkan, dana ini untuk membangun cor beton di tebing jalan tersebut atau lokasi jalan amblas.

Saat ini, ujarnya Kelok 10 itu telah dipasang turap kelapa dan ini penanganan sementara, agar ruas jalan Kelok 44 itu bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat.

Baca juga: Jalur Kelok 44 Agam ditutup akibat jalan amblas di Kelok 10

Baca juga: Pohon tumbang di dua lokasi jalur Kelok 44 Agam akibat angin kencang


Pemasangan turap kelapa itu dimulai pada Senin (3/8) dan selesai pada Rabu (5/8) sore, sehingga jalan sudah dibuka untuk kendaraan roda dua dan mobil.

"Jalan ditutup untuk kendaraan selama pemasangan turap kelapa tersebut. Apabila cor beton selesai, pohon kelapa akan dibuka," katanya.

Ia menyebutkan jalan Kelok 10 itu terban (runtuh) sepanjang 15 meter dan lebar 2,5 meter akibat curah hujan tinggi melanda daerah itu pada Ahad (26/7) malam.

Dengan kondisi itu, ruas jalan Kelok 44 tidak bisa dilalui kendaraan roda empat dan dialihkan ke Palembayan atau Padang Pariaman.

Pelebaran ruas jalan Padang Koto Gadang Kecamatan Palembayan menuju Padang Lua Kecamatan Banuhampu telah berlangsung sejak beberapa tahun lalu.

Saat ini pelebaran jalan tinggal 20 dari 40 kilometer dari Palembayan menuju Simpang Patai tinggal dua kilometer.

"Jalur itu untuk mengalihkan arus ke Kelok 44, karena pengendara dari Pasaman Barat bisa melewati ruas jalan itu," katanya. (*)

Baca juga: Arus lalu lintas di Kelok 44 Agam masih normal

Baca juga: Polres Agam sediakan mobil derek dan mekanik di Kelok 44

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020