Pelatihan yang ditawarkan secara gratis di luar program Kartu Prakerja dilarang untuk ditawarkan untuk Program Prakerja
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Jumat (7/8) kemarin, mulai dari pelaku ekonomi syariah untuk lebih melek digital hingga ada cashback bagi konsumen belanja produk dalam negeri.


1. Hadapi COVID-19, Wapres minta pelaku ekonomi syariah melek digital

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta pelaku ekonomi dan keuangan syariah untuk lebih melek digital agar mampu bertahan di tengah perubahan yang muncul akibat pandemi COVID-19.

"Adaptasi adalah kunci bagi kita untuk survive,” katanya ketika membuka secara virtual Festival Ekonomi Syariah dan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 di Jakarta, Jumat.

Simak selengkapnya di sini


2. Kemenperin genjot peran industri smelter nikel

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian mendorong peningkatan nilai tambah bahan baku mineral di dalam negeri, salah satu industri smelter nikel, karena kebijakan hilirisasi ini diyakini dapat memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional, di antaranya melalui capaian nilai ekspor.

“Maka itu, pentingnya peran industri smelter. Jadi, kita tidak lagi mengekspor ‘tanah dan air’ saja, tetapi sudah menjadi sebuah produk yang high-end,” kata Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian Dody Widodo lewat keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Simak selengkapnya di sini

3. Komite Penanganan COVID-19 libatkan TNI AD tanggulangi pandemi

Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) melibatkan TNI AD dalam rangka menanggulangi pandemi COVID-19.

"Satu kunci dalam memerangi pandemi adalah menjaga kepatuhan, ketaatan, dan disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan selama pandemi. Sosialisasi tentang pentingnya menjaga protokol itulah yang perlu kita tingkatkan sehingga saya merasa perlu keterlibatan TNI Angkatan Darat," ujar Ketua Pelaksana KPCPEN, yang juga Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta, Jumat.

Simak selengkapnya di sini


4. Pemerintah buat aturan baru pelatihan Program Kartu Prakerja

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian membuat sejumlah aturan baru dalam Permenko Nomor 11 tahun 2020 salah satunya terkait pelatihan program Kartu Prakerja yang tidak boleh sama atau identik dengan pelatihan yang ditawarkan secara gratis.

“Pelatihan yang ditawarkan secara gratis di luar program Kartu Prakerja dilarang untuk ditawarkan untuk Program Prakerja,” kata Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan dan UKM Kemeko Bidang Perekonomian Rudy Salahuddin dalam telekonferensi di Jakarta, Jumat.

Simak selengkapnya di sini


5. Luhut: ada "cashback" bagi konsumen belanja produk dalam negeri

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah akan memberikan stimulus tambahan berupa cashback bagi konsumen yang yang berbelanja produk dalam negeri buatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil dan Menengah (IKM)

Dalam unggahannya di akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Jumat, Luhut mengatakan program stimulus itu akan diluncurkan pada 17 Agustus 2020 mendatang dan merupakan hasil rapat koordinasi Gerakan #BanggaBuatanIndonesia bersama jajaran K/L terkait.

Simak selengkapnya di sini
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020