Jakarta (ANTARA) - Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini mengapresiasi sikap optimisme Presiden Joko Widodo terkait kondisi bangsa Indonesia di tengah pandemi COVID-19, yang disampaikan dalam Sidang Tahunan MPR RI pada Jumat (14/).

Dia mengapresiasi Pidato Presiden yang optimis melihat ekonomi 2021 di tengah kondisi pandemi COVID-19, pemerintah mematok target pertumbuhan ekonomi di tahun 2021 sebesar 4,5 sampai 5,5 persen.

"Mudah-mudahan optimisme itu didukung realitas kinerja pemerintah khususnya tim ekonomi dalam menumbuhkan ekonomi negara dan ekonomi masyarakat," kata Jazuli dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Dia melihat target ini sangat optimis di tengah kondisi dan basis dasar pencapaian pertumbuhan di tahun 2020 yang hanya berkisar -1 persen sampai 0,2 persen yang artinya tekanan sangat dalam bahkan di ambang resesi.

​​Jazuli berharap pemerintah punya strategi jitu untuk mengejar target pertumbuhan tersebut karena butuh kebijakan ekstra untuk mengakselerasinya.

Untuk itu, Jazuli mengingatkan pentingnya kerja keras pemerintah dengan target pertumbuhan yang disampaikan.

"Apalagi serapan anggaran 2020 sebagaimana kritik Presiden belum lama kepada para menterinya sangat lambat, belanja pemulihan ekonomi secara keseluruhan baru 22 persen, stimulus untuk UMKM baru 26,4 persen," ujarnya.

Anggota Komisi I DPR RI itu menilai jangan sampai target pertumbuhan dipatok sangat optimis tapi percepatan serapan anggaran dan stimulus pemulihan ekonomi lambat.

Karena itu menurut dia, pemerintah harus membuktikan dengan kerja keras dan kerja cepat yang nyata, bukan sekadar angka di atas kertas.

Baca juga: Pidato Presiden ajak bangsa lakukan lompatan besar di tengah COVID-19

Baca juga: Pengamat: Presiden Jokowi ingin jajarannya bergerak cepat atasi krisis

Baca juga: Presiden sebut kebijakan relaksasi defisit 3 persen masih diperlukan

Baca juga: Presiden: Pandemi COVID-19 tunjukkan pentingnya infrastruktur digital


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020