Karena PON XX di Papua ditunda, maka kita dukung PON XXI di Aceh - Sumut juga ditunda
Batam (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Kepulauan Riau mendukung rencana KONI Aceh dan Sumatera Utara untuk menunda pelaksaan Pekan Olahraga Nasional XXI hingga 2025, mengikuti pemunduran waktu pelaksanaan PON XX pada 2021.

"Karena PON XX di Papua ditunda, maka kita dukung PON XXI di Aceh - Sumut juga ditunda," kata Ketua Umum KONI Kepri Usep RS dalam diskusi virtual dengan KONI pusat di Batam, Selasa.

PON XX yang seyogyanya digelar di Papua pada awal tahun ini ditunda menjadi 2021, akibat pandemi COVID-19.

Baca juga: KONI Aceh minta Anggota DPR kawal persiapan PON 2024

Usep menyatakan, pelaksanaan PON memerlukan persiapan berjenjang, yang diawali dengan pembinaan prestasi di masing-masing cabang olahraga sepulang dari PON, seleksi atlet melalui Pekan Olahraga Provinsi, Pra Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional dan Pekan Olahraga Wilayah.

"Dan itu sudah terjadwal empat tahun sekali," ucapnya.

Begitu pula juga tuan rumah, Aceh dan Sumut, kata dia melanjutkan. Kedua provinsi itu tentu memiliki kendala dalam membangun atau memperbaiki lokasi yang digunakan untuk pertandingan, karena pandemi COVID-19.

"Kita yakini tuan rumah juga mengalami gangguan atas persiapan mereka," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis meminta agar pelaksanaan PON XXI ditunda, seiring ditundanya PON XX di Papua ke tahun 2021.

Menurut dia, sisa waktu yang hanya tiga waktu sejak PON XX 2021 relatif kurang untuk persiapan kegiatan.

Baca juga: PON 2024 ditetapkan digelar di Aceh-Sumut

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020