Jakarta (ANTARA) - Sejumlah Forum Anak dari tingkat desa hingga provinsi meraih penghargaan Data Forum Anak (DAFA) Award 2020 yang diberikan Forum Anak Nasional sebagai sarana pengumpulan data dan informasi Forum Anak se-Indonesia melalui penganugerahan yang diadakan secara daring, Selasa.

DAFA Award diberikan kepada Forum Anak Kota Tanjungpinang (Forum Anak dengan Partisipasi Anak dalam Perencanaan Pembangunan Terbaik), Forum Anak Provinsi Bali (Forum Anak dengan Program unggulan Terbaik).

Baca juga: Anak-anak sampaikan aspirasi pada Hari Anak Nasional

Selain itu, Forum Anak Kabupaten Buleleng (Forum Anak dengan Pelopor dan Pelapor Terbaik), Forum Anak Kabupaten Blitar (Forum Anak dengan Lembar Profil Terbaik), Forum Anak Kota Banjarmasin (Forum Anak dengan Media Sosial Terbaik), dan Forum Anak Kota Bandung (Forum Anak Teraktif).

Sedangkan Forum Anak Terbaik tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, hingga provinsi diberikan kepada Forum Anak Desa Banaran, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Forum Anak Kelurahan Teladan, Bangka Belitung, Forum Anak Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, Forum Anak Kabupaten Bekasi, Forum Anak Kota Tanjungpinang, dan Forum Anak Provinsi Bali.

DAFA Award 2020 juga memberikan apresiasi kepada daerah yang mengirimkan lembar profil terbanyak kepada Provinsi Riau.

Dalam sambutannya saat Penganugerahan DAFA Award 2020, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga menyampaikan pujian kepada Forum Anak Nasional.

Baca juga: Menteri PPPA: Forum Anak top banget

Baca juga: Forum Anak sampaikan Suara Anak Indonesia 2020 kepada Menteri PPPA


"Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sangat mendukung inisiasi Forum Anak Nasional dalam menyelenggarakan DAFA Award," kata Bintang.

Bintang mengatakan data memiliki arti penting, sehingga semua Forum Anak, baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan hingga desa/kelurahan harus semakin aktif melakukan pendataan, bukan sekadar untuk mendapatkan penghargaan.

Menurut Bintang, dengan melakukan pendataan, setiap Forum Anak bisa melakukan evaluasi mandiri terhadap kelembagaan Forum Anak di masing-masing wilayah.

"Sedangkan bagi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, data ini tidak hanya berfungsi sebagai bahan evaluasi, tetapi sekaligus sebagai bahan perencanaan untuk melakukan berbagai kegiatan, terus mengembangkan serta meningkatkan kapasitas dan kualitas Forum Anak," tuturnya.

Bintang mengatakan Forum Anak Nasional adalah mitra pemerintah yang penting dan berharga untuk mewujudkan pembangunan nasional yang inklusif, implementatif, dan berperspektif pada pengalaman hidup anak.

Baca juga: Menkes ingatkan Forum Anak tentang imunitas dan protokol kesehatan

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020