Kemarin, dari politik uang pilkada sampai teguran Mendagri

Kemarin, dari politik uang pilkada sampai teguran Mendagri

Mendagri Tito Karnavian. ANTARA/Puspen Kemendagri/pri.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita politik pada hari Sabtu (5/9) masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari Mahfud MD menilai terdapat politik uang dalam pilkada secara langsung maupun tidak langsung hingga Tito Karnavian menegur Bupati Karawang.

Berikut rangkuman berita politik sepanjang Sabtu (5/9) selengkapnya.

1. Mahfud nilai pilkada langsung atau tidak sama-sama ada politik uang

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menilai pemilihan kepala daerah (pilkada) yang diselenggarakan secara langsung atau lewat DPRD sama-sama berpotensi terjadi politik uang.

Selengkapnya pandangan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu dapat dibaca di sini.

2. Komisi II minta KPU tegas tegakkan protokol kesehatan

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung meminta penyelenggara pilkada, KPU dan Bawaslu, lebih aktif memberikan informasi dan lebih tegas menegakkan penerapan protokol kesehatan COVID-19 dalam tahapan Pilkada Serentak 2020.

Selengkapnya pandangan Ahmad Doli Kurnia Tandjung setelah mencermati hari pertama pendaftaran bakal pasangan calon Pilkada 2020 pada hari Jumat (4/9) dapat dibaca di sini.

3. Tito tegur Bupati Karawang karena arak-arakan pendaftaran Pilkada

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengeluarkan teguran tertulis untuk Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana karena menggelar arak-arakan massa saat melakukan pendaftaran calon Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

Selengkapnya teguran Mendagri dapat dibaca di sini.

4. MPR: Revisi UU BI rawan tuai polemik

Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan menilai langkah Badan Legislasi DPR RI yang sedang membahas revisi UU Bank Indonesia rawan menuai polemik baru karena pada saat kondisi pandemik, rencana reformulasi sektor keuangan justru akan menyita energi yang tidak perlu, selain kontraproduktif.

Selengkapnya pandangan politikus senior Partai Demokrat itu dapat dibaca di sini.

5. PWI kembali selenggarakan anugerah Jurnalistik Adinegoro 2020

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kembali menyelenggarakan Anugerah Jurnalistik Adinegoro yang merupakan penghargaan tertinggi untuk karya jurnalistik Indonesia menjelang Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2021.

Selengkapnya tentang anugerah tersebut dapat dibaca di sini.
Pewarta : Dyah Dwi Astuti
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020